Proyek Taman Dinilai Pemborosan Anggaran

KARAWANG – Proyek Taman di Jalan Ahmad Yani, By Pass Karawang dianggap pemborosan anggaran. Pasalnya proyek taman kota tersebut baru hitungan tahun diperbaiki dan konsep dengan sedemikian menarik oleh Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang pada tahun 2014. Namun dipenghujung tahun 2017 taman itu di rombak total oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang.

Rudi Maulana, Ketua HMI Cabang Karawang, mengatakan yang dia ketahui pada tahun 2014 taman sudah diperbaiki dengan anggaran cukup besar. Akan tetapi sekarang dibongkar lagi dengan anggaran menghabiskan 1,2 miliar.

“Itu tuh yang depan pemda (kantor bupati-red) di bangun 2014. Tapi sekarang di rombah lagi, sama saja pemborosan anggaran. Harusnya tinggal menambahkan saja yang kurang bagus, bukan di rombak lagi dengan menghabiskan anggaran 1,2 miliar,” katanya.

Rudi pun menanyakan kualitas dan perencanaan proyek taman yang diduga dipaksakan oleh pemerintah. “Dari media sosial yang memperbincangkan proyek taman kualitasnya perlu dipertanyakan, juga perencanaannya,” kata Rudi lagi.

Saepudin Permana, anggota Komisi C DPRD mengaku bingung dengan perencanaan pembangunan taman di Karawang. “Depan pemda masih baru dibangun, tapi sekarang di robah lagi. Saya juga bingung perencanaannya seperti apa,” ujarnya.

Kepada wartawan, Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas PRKP Karawang, Novi Gunawan mengatakan, untuk pembangunan trotoar tersebut, dianggarkan sebesar kurang lebih Rp 1,2 miliar.

“Untuk revitalisasi taman kami lakukan dimulai dari depan Mega Mall Karawang Kota sampai ke perempatan lampu merah DPRD Karawang. Dimana tepat di depan Mega Mall akan kami buatkan dua titik air mancur, dengan bentuk satu bulat dan satunya memanjang,” katanya.

Selain revitalisasi taman, trotoar yang ada pun dibongkar kembali untuk dilakukan penambahan ketinggian, yaitu sekitar 45 cm sedikit lebih tinggi dari kondisi eksisting dengan lebar atas 15 cm serta panjang trotoar mencapai 1067 m sampai depan perempatan lampu merah DPRD. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pansus Rancangan Peraturan Daerah Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang

Saepudin Juhri Anggota DPRD Kabupaten Karawang Karawang – DPRD Kabupaten ...