Desa Kalangsari Antisipasi Gagal Panen

dok

RENGASDENGKLOK – Tak hanya terjadi di Kecamatan Jayakerta dan Tirtajaya, serangan hama wereng coklat kembali menyerang sawah petani di Kecamatan Rengasdengklok. Sebanyak 30 hektar tanaman padi, dari 140 hektar sawah di Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, terkena serangan hama tersebut. Hal itu membuat petani ketakutan dan khawatir akan gagal panen selamanya.

Kepala Desa Kalangsari, Teti firdaus mengatakan, sebanyak 30 hektar sawah di desanya terserang hama wereng coklat sehingga dikhawatirkan tanaman padi milik warganya terancam gagal panen. Namun langkah preventif telah diambil, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Koramil 0404 Rengasdengklok dan UPTD Pertanian Rengasdnegklok.

“Semua keluhan dari petani, dan melihat langsung dilapangan, memang sawah-sawah tersebut terkena hama wereng coklat. Saya sudah berkoordinasi dengan Koramil 0404 Rengasdengklok mengenai tanaman padi yang kena hama wereng,” katanya kepada Fakta Jabar, Sabtu (18/11).

Ia menambahkan hasil dari kordinasi tersebut, para petani yang tanaman padinya terserang hama wereng coklat mendapat bantuan obat agar hama wereng tersebut tidak meluas.

“Alhamdulillah para petani yang tanaman padinya kena wereng sudah mendapatkan bantuan obat dari dinas pertanian kabupaten karawang, dan juga bersama PPL dan anggota Koramil 0404 Rengasdengklok bersama-sama melakukan penyemprotan di lahan yang terkena hama,” ucapnya.

Sementara itu, Danramil 0404 Rengasdengklok, Kapten Inf. Panjaitan mengatakan, pihaknya sudah mengambil langkah dengan melakukan penyemprotan bersama para kelompok tani (Poktan) di areal yang terkena hama di desa Kalangsari.

“Semua dikumpulkan, baik petani, poktan, PPL, UPTD Pertanian Rengasdengklok, mengambil langkah bersama guna memberantas hama wereng yang mngkhawatirkan masyarakat tersebut. Oleh karena itu bersama-sama turun ke lapangan dan melakukan penyemprotan bersama sebagai solusinya,” pungkasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengurus APTRINDO Karawang Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

BANDUNG – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kabupaten Karawang periode 2019-2024 ...