Bukan Pagi Hari, Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi

KARAWANG – Minum kopi saat pagi hari sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Sayangnya, ternyata menikmati kopi pagi hari, terutama setelah bangun tidur, bukanlah waktu yang tepat. Lalu kapan waktunya?

Para ilmuwan diberbagai penjuru dunia rupanya telah melakukan riset dan membuktikan dalil tersebut. Menurut mereka, di pagi hari bukan saat yang tepat untuk secangkir kopi karena produksi kortisol tubuh berada pada kuantitas puncak.

Kita cenderung menganggap kortisol sebagai “hormon stres” karena disekresikan dalam jumlah yang lebih tinggi saat kita berada dalam tekanan.

Namun, kortisol juga merupakan ‘hormon kewaspadaan’ karena saat tubuh merasa tertekan, secara otomatis kewaspadaan akan meningkat.

Menurut ahli chronopharmacologists, mengonsumsi kafein saat tubuh berada dalam kondisi kortisol tinggi akan membuat produksi kortisol menurun.

Ini yang menyebabkan manfaat kafein tidak akan terasa sekaligus, melawan kortisol yang ada.

Parahnya lagi, keadaan ini akan mengembangkan toleransi terhadap kopi, atau malah membuat kita kecanduan kafein.

Jadi, agar manfaat kopi terasa, cobalah untuk menunggu satu jam setelah bangun tidur sebelum menyeduh secangkir kopi.

Atau, Kamu bisa meminum kopi antara pukul 13.00-17.00 dan sekitar pukul 18.30. Jam-jam tersebut dipercaya menjadi masa di mana hormon kortisol belum mencapai puncak produksi. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Down Syndrome Sedunia, Begini Kata Dokter RSUD Karawang

KARAWANG – Tahukah kalian, tepatnya pada hari ini, Kamis,(21/3/2024) merupakan ...