Kabar Terkini Soal Peluang Guru Honorer Diangkat jadi CPNS

KARAWANG – Peluang guru honorer diangkat jadi CPNS, seperti tak habis dibahas dalam satu sesi. Kabar terkini, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani rapat bersama Wapres Jusuf Kalla khusus membahas persoalan CPNS guru honorer tersebut, Senin (2/4). Lalu bagaimanakah hasil rapat tersebut? Apakah pemerintah memutuskan guru honorer bisa diangkat jadi CPNS tahun ini? Berikut ulasannya.

Dari pantauan media, dalam rapat hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayan Muhadjir Effendy, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Muhadjir mengatakan, peluang dari pemerintah untuk membuka kesempatan guru honorer diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN), baik sebagai CPNS atau PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) bisa dilakukan.

Sementara, Puan Maharani menegaskan mengenai perlunya penambahan guru di tanah air. ”Jangan sampai sekolah-sekolah kita kekurangan guru,” kata Puan.

Puan menjelaskan bahwa pemerintah sepakat untuk mengkaji jumlah pasti kebutuhan guru, penempatannya nanti, dan spesialisasi guru sesuai dengan mata pelajarannya. Selain itu, dalam pembahasan untuk menambah PNS dari sektor keguruan, juga sepakat mengkaji aturan hukum jam kerja guru.

Hal itu terkait dengan berapa lama mereka berada di sekolah dan bertatap muka dengan murid di sekolah.

”Yang paling penting adalah jangan sampai ada sekolah yang mengaku kekurangan guru karena itu dapat berarti menghambat upaya kita bersama mencerdaskan generasi muda bangsa. Jika sudah pasti berapa kebutuhannya, proses rekrutmen guru dan tata kelolanya dapat dijalankan secara bertahap mulai tahun 2018 ini hingga nanti tahun 2024,” tuturnya. (dbs/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Komnas PA: Tragedi Kematian NP Anak Angkat Di Sukabumi Merupakan Kejahatan Luar Biasa

FAKTAJABAR.CO.ID – Sukabumi, Kamis (03/10/19) NP bocah perempuan berusia 5 tahun yang menjadi korban kejahatan ...