Kalau Suruh Pilih Mau yang Mana? Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza Tigre?

KEHADIRAN Mitsubishi Xpander sejak tahun lalu membuat heboh pasar MPV di Indonesia. Berdasarkan data penjualan bulan Januari 2017 yang dirilis oleh Gaikindo, mobil seharga Rp200 jutaan ini bahkan mampu menduduki posisi kedua di deretan mobil terlaris.

Pencapaian tersebut diyakini semakin memperkuat nama Xpander sebagai sosok penakluk Toyota Avanza. Keduanya memang berada pada kelas yang sama dengan latar belakang mobil urban dan menyasar segmen keluarga.

Pada gelaran GIIAS 2017, PT Toyota Astra Motor menghadirkan varian baru dari keluarga Avanza, yaitu Veloz Tigre sebagai unit pameran saja dan belum beredar di pasaran. Nama Tigre kembali mencuat sejak munculnya Mitsubishi Xpander. Varian ini sebenarnya merupakan versi kustom dari Avanza Veloz racikan Product Planning dan Development Division TAM.

Dilihat dari segi dapur pacu, keduanya mengusung kubikasi mesin dan performa yang tak jauh berbeda. Mitsubishi Xpander memiliki mesin berkapasitas 1.499 cc MIVEC DOHC 16-katup yang mampu menghasilkan daya sebesar 103 Hp. Sementara torsinya mencapai 141 Nm.

Sedangkan Toyota Avanza Veloz Tigre memiliki mesin 4-silinder DOHC 1,5 liter. Dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan daya maksimum 104 PS/ 6.000 rpm dan torsi yang dihasilkan menembus angka 139 Nm/ 4.200 rpm.

Keduanya menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Selain itu, mobil-mobil MPV ini mampu menampung 7 orang sekaligus. Fitur yang disematkan kedua pabrikan itu pun tak jauh berbeda, seperti power window, bagasi, dan sarana keselamatan. (dbs/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Keren! Robot Industrial Hasil Karya Mahasiswa Unsika Lolos ke Tingkat Provinsi

Karawang – Empat orang mahasiswa teknik elektro berhasil lolos dalam ...