Terkait Perayaan May Day, Begini Himbauan Kapolda Jabar

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto

KARAWANG – Lakukan kunjungan kerja ke Karawang dalam rangka persiapan Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada esok hari, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto menghimbau seluruh buruh di Jabar untuk merayakan May Day di daerah masing-masing dengan gembira. Hal itu bertujuan untuk menghindari penumpukan massa yang tidak teratur di Jakarta, sehingga potensi kericuhan dapat dihindari.

“Perayaannya dibuat gembira di daerah masing masing dengan menggelar beberapa kegiatan yang positif tentunya. Kita bukan melarang untuk pergi ke Jakarta, tapi massa crowd cenderung mudah terhasut, itu yang kita khawatirkan. Nanti kan panas, sehingga kita mencegah timbul konflik baik sesama buruh atau dengan aparat,” kata Agung saat berkunjung ke Mapolres Karawang, Senin (30/4).

Saat ini, sambung dia, diprediksi ribuan buruh dari berbagai daerah bakal datang ke Jakarta. Pihaknya juga mengatakan, peringatan Mayday yang dipusatkan di monas besok bakal menyedot penumpukan massa. Massa dalam jumlah banyak bisa menimbulkan kerawanan sehingga sebaiknya dirayakan diwilayah masing -masing.

Sementara itu Kapolres Karawang AKBP Hendy F kurniawan mengatakan dari hasil pemetaan Polres Karawang ada sebanyak 9 titik kumpul buruh sebelum berangkat ke lapangan Karangpawitan dan ke Jakarta. Kesembilan titik itu, yaitu kawasan industri KIIC, Surya Cipta, Indotaisei, Rest Area Km 42 B, Rest Area Km 57, SPBU Karawang Timur, Restauran LSI Karawang Barat, PT M Class Klari, dan PT Indoliberty.

Polres Karawang menyiapkan 1.300 personel polisi untuk mengamankan peringatan May Day yang akan digelar di Lapangan Karangpawitan, Karawang Jawa Barat. Diperkirakan 3.850 buruh yang berasal dari 7 kawasan industri di Karawang akan memadati lapangan Karangpawitan, Selasa 1 Mei 2018.

Sedangkan sekitar 2.750 buruh Karawang lainnya berangkat ke Jakarta bergabung dengan rekan buruh lainnya untuk merayakan mayday di monas. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan perwakilan serikat pekerja untuk perayaan May Day ini. Perayaan May Day di Karawang dengan melakukan bakti sosial, hiburan yang di pusatkan di Lapangan Karangpawitan. Untuk pengamanan kita terjunkan sebanyak 1.300 personel,” kata Hendy.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...