5000 Ton Sampah Karawang Akan Dijadikan Bahan Bakar

KARAWANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan terus menggalakan agar masyarakat membuang sampah tidak sembarangan. Sosialisasi terus dilakukan kepada semua pihak, tak terkecuali tingkat pedesaan dengan lomba desa bersih tingkat Kabupaten Karawang.

Bahkan membentuk kader sampah sebagai wujud keseriusan dinas dalam penanggulangan sampah menuju Adipura. Ia mengatakan,pengelolaan sampah pemkab menggaet teknologi dari luar negeri seperti Inggris, Jeman dan China. Tiga negara itu menyatakan bersedia dalam mengelola sampah untuk dijadikan bahan bakar, gas dan listri.

“Sementara ini ada tiga negara yang minat mengelola sampah. Mereka ada teknologinya untuk didaur ulang lagi,” kata Wawan, kemarin.

Menurutnya sampah itu diambil dari tempat pembuangan akhir. Sementara ini dijadikan sampel 5000 ton sampah sampai uji terlebih dahulu. “Sebelum ada kerjasama  tentunya ada sampel dulu. Setelah itu baru berkelanjutan untuk kerjasama,” ujarnya.

Selain itu bank sampah pun sudah digalakan di salah satu perumahan. “Tujuannya agar sampah terkelola dengan baik dan tidak buang sampah sembarangan, demi keasrian Karawang,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...