Hari Jadi Koperasi Ke-71 Tingkat Provinsi Jawa Barat Dipusatkan di Karangpawitan

KARAWANG – Peringatan Hari Jadi Koperasi ke-71 tingkat Provinsi Jawa Barat dipusatkan di Lapangan Karangpawitan, Kabupaten Karawang. Dengan tema “Melalui Gerakan Koperasi, Kita Wujudkan Ekonomi Kerakyatan yang Berdaulat dan Berkeadilan”, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 27 hingga 29 Juli 2018 itu, diadakan gelar berbagai Produk Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, H. Asep Djunaedi mengatakan, pihaknya ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Hari Jadi Koperasi ke-71 tingkat Jawa Barat. “Kami (Dinas Koperasi) juga menyediakan 25 booth stand yang khusus diperuntukan bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam lembaga koperasi di Kabupaten Karawang,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Kamis (26/7).

Pada kegiatan tersebut, Asep menambahkan, tentunya dihadiri dan dibuka langsung oleh Ibu Bupati Kabupaten Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, pada Jumat (27/7) pukul 09.00 WIB. Kemudian pada acara puncak, akan dihadiri oleh Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat, Mochammad Iriawan, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, serta para pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gerakan Koperasi se-Jawa Barat dan juga para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang. “Kurang lebih estimasi peserta bisa mencapai tiga ribu orang di acara puncak, pada pukul 13.00 WIB tersebut,” paparnya.

Masih Asep menambahkan, dengan adanya gelar produk yang dilaksanakan selama tiga hari itu pihaknya juga menyuguhkan beragam hiburan masyarakat, seperti kesenian tradisional wayang golek, topeng banjet dan kesenian lain yang melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Gerakan Koperasi. “Selain pameran gelar produk koperasi dan UMKM, kami juga akan menggelar seminar nasional untuk 250 orang peserta di Hotel Swissbelinn Karawang, pada Sabtu (28/7) mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai,” katanya.

Sambung masih Asep menambahkan, bertemakan modernisasi koperasi berbasis teknologi informatika dan komunikasi (IT) dalam rangka pengembangan produk dan pasar UKM di pasar global, seminar akan dipaparkan oleh beberapa pemateri, diantaranya adalah Pendiri Credit Union Indonesia, Mr. Robby Tulus, Regional Director Asia and Pacific at International Co-operative Alliance, Mr. Ballu Iyer, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Drs. H. Teddy Rusfendi Sutisna dan Rektor UNSIKA, Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, SE., MS,Ak,CPA. “Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan mampu memotivasi para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Karawang, baik yang tergabung dalam lembaga koperasi maupun non koperasi,” jelasnya.

Selain itu, Asep berharap, produk yang dihasilkan para pelaku usaha mampu menjadi produk unggulan dan icon Kabupaten Karawang. Terlebih dapat tersebar di seluruh Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Karenanya, menjadi perhatian Pemerintah Daerah, agar lebih meningkatkan pelayanan bagi para pelaku usaha, baik segi legalisasi dan juga tempat atau sarana pemasaran produk. “Kita sentra produk asli Karawang belum banyak, hanya punya Outlet yang dikelola Disperindag di samping RS. Mandaya Hospital, Jalan International Karawang Barat, dan juga di beberapa tempat yang memang tersebar sehingga tidak representatif bagi para pelaku usaha. Mudah-mudahan kita bisa memiliki sentra khusus UMKM dari berbagai produk asli Karawang yang bisa dipromosikan dan mudah dikunjungi wisatawan,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...