PT Pertani Siapkan Gudang Gabah Baru di Karawang

KARAWANG – PT Pertani (Persero) telah menyiapkan gudang baru berikut penyediaan mesin pengering gabah di wilayah Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang, untuk pengembangan bisnisnya. Rencananya, gudang baru lengkap dengan mesin pengering gabah tersebut akan diresmikan langsung oleh Mentri Pertanian setelah proses pembangunan rampung 100 persen.
“pekerjaan baru berjalan 40 persen, nanti setelah rampung akan langsung diresmikan oleh Kementrian Pertanian RI,” jelas Pegawai PT Pertani, Samuel, ketika ditemui di lokasi pembangunan gudang baru, Jum’at kemarin.
Sesuai target, sambungnya, pembangunan gudang baru dan pemasangan mesin pengering gabah akan rampung dan mulai efektif digunakan sebelum akhir tahun ini. Seperti diketahui, PT.Pertani telah menyiapkan dana investasi hingga mencapai Rp. 12 Milliar untuk membangun infrastruktur dalam melaksanakan bisnis pertanian sekaligus dalam upaya mendukung target pemerintah secara Nasional. “Peralatan dan gudang baru ini akan digunakan untuk penyerapan dan  penyimpanan gabah,” tambahnya.

Tentunya, ulas dia, pembangunan gudang baru dilengkapi perlengkapan untuk pengolahan gabah di wilayah pedesaam, seperti di Desa Dewisari merupakan komitmen PT. Pertani untuk lebih terfokus transpormasi ke wilayah hilir,”karena belum ada perusahaan yang menangani hal tersebut secara profesional. Mulai tahun ini, transformasi kami ke pengembangan hilir, makanya bangun pergudangan dan pengeringan,” katanya.

Menurut dia, gudang dan pengering gabah diperlukan sebagai bagian dalam menyukseskan program pemerintah mencapai surplus beras 10 juta ton pada 2014. Ia beralasan, gudang diperlukan karena saat ini belum banyak lumbung pangan di setiap daerah, sementara dryer dianggap mampu mengurangi tingkat losses gabah pascapanen

Sementara, Samuel enggan berkomentar lebih jauh disinggung persoalan harga serapan gabah yang ditetapkan pemerintah lebih rendah dibanding pihak tengkulak, sehingga para petani di sekitar gudang baru tersebut lebih memilih untuk menjual gabah hasil panen pada pihak tengkulak,” kalau itu nanti kita diskusi dengan pimpinan kami,”jelasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...