HUT Kemerdekaan Indonesia, 560 Warga Binaan Lapas Karawang Mendapat Remisi

KARAWANG-Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia memang menjadi momen yang selalu dinantikan seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat selalu menyambut HUT RI tersebut dengan suka cita, tidak terkecuali para warga binaan yang tengah menjalani masa tahanan di Lembaga pemasyarakatan Karawang. Setidaknya di moment HUT Ri yang ke -73 ini, sebanyak 560 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang, mendapatkan remis (pemotongan masa hukuman). Dua puluh tiga di antaranya langsung menghirup udara bebas kerena waktu hukumannya habis seketika.

“Remisi ini merupakan hak para warga binaan yang diberikan setiap HUT Kemerdekaan, setidaknya ada 560 warga binaan yang mendapatkan remisi pagi ini terkait hari kemerdekaan,” ujar Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Kelas II A Karawang, Hendi, Jumat 17 Agustus 2018.

Disebutkan, pemberian remisi dikelompokan dalam tiga kategori yakni Remisi Umum (RU) I (hanya pemotongan masa tahanan) sebanyak 508 orang, RI II (pemotongan langsung bebas sebanyak 23 orang, dan RU II + Subsider (pemotongan masa hukuman subsider) sebanyak 29 orang.

Dijelaskan Hendi, remisi merupakan dorongan bagai para warga binaan yang berkelakuan baik selama menjalankan hukumannya. Penilaian remisi dilakukan berdasarkan perilaku dan perubahan sikap warga binaan.

“Remisi merupakan kebijakan hukum yang bisa dimanfaat oleh semua napi untuk berubah sikap,” katanya.

Disebutkan juga, saat ini Lapas kelas II A Karawang dihuni 1.188 orang yang terdiri 405 tahanan dan 783 narapidana dengan penghuni laki laki berjumlah 1.164 orang, 37 orang perempuan dan 5 anak anak.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...