DPRD Karawang Upacara HUT Republik Indonesia Ke-73 Tahun

KARAWANG – Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang menghadiri upacara hari ulang tahun Republik Indonesia ke-73 di Lapang Karangpawitan, Jumat 17 Agustus 2018. Upacara perayaan HUT Republik Indonesia ini dipimpin langsung Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana. Bahkan Ketua DPRD Karawang sendiri, Toto Suripto sebagai pembaca teks proklamasi.

Menurut Toto, merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, mengingatkan pada persatuan Indonesia. “Kita seraya mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri, perintis, dan pejuang bangsa. Saat itu, mereka menyingkirkan perbedaan politik, suku, agama atau golongan demi mewujudkan Indonesia Merdeka,” tulis Toto Suripto dalam akun Facebooknya.

Kata Toto, dalam persatuan itulah, mereka menemukan energi yang dahsyat untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan keringat untuk Indonesia merdeka. Dalam persatuan Indonesia itulah, para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antarsesama anak bangsa.

“Jika bangsa Indonesia tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama, atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan Indonesia maju, yang menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” ujarnya.

Terakhir pihaknya selaku wakil rakyat menyampaikan dirgahayu Republik Indonesia ke-73 tahun 2018. “Selamat ulang tahun Republik Indonesia. 17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2018 jaya terus negeriku,” katanya.

Upacara peringatan HUT RI ini di hadiri oleh seluruh unsur Muspida Karawang, Kepala SKPD, jajaran ASN Kabupaten Karawang, dan peserta di ikuti oleh seluruh unsur instansi baik TNI/POLRI, ASN, Siswa/i, dan masyarakat. Bupati mengingatkan Peringatan HUT RI ke 73 bukan sekedar seremonial melainkan sebagai wujud menghargai sejarah dan proses pejuangan para pahlawan.

“Negara ini merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada rakyat. Perjuangan nyawa,darah, pikiran dari para pahlawan terdahulu kita. Tentunya kita sebagai anak dan cucu dari pendahulu kita harus merefleksikan diri dalam mengisi kemerdekaan,” ungkap Bupati.

Bupati menuturkan kemeriahan HUT RI ke 73 dirayakan dan disambut oleh seluruh masyarakat pelosok nusantara. “Peringatan kemerdekaan ini merupakan kesadaran dari bangsa ini,” katanya.

Ia juga menyebutkan dalam mengisi kemerdekaan, masyarakat harus menyadari bahwa bangsa ini merupakan yang penuh dengan persatuan, bangsa yang terus maju dengan melakukan gotong royong. “Tidak perlu repot, kita hanya perlu berlaku dengan sikap yang baik. Kita merupakan bangsa yang bersatu, bangsa yang gotong royong. Tentu kita sadari bahwa bangsa kita ini merupakan bangsa yang kuat,” pungkasnya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Kujang Siap Bantu Petani Tingkatkan Produksi Beras Nasional

KARAWANG – Menjelang berakhirnya musim tanam rendeng atau penghujan, Pupuk ...