Ini Alasan Cowok Wajib Olahraga

FAKTAJABAR.CO.ID – Olahraga identik sama kegiatan yang cukup maskulin. So, yang namanya cowok memang harus banget bisa, atau, seenggaknya suka olahraga. Banyak cowok yang mikir kalau jago olahraga bisa bikin mereka tambah keren. Menurut Viki sah-sah aja, sih. Asalkan lo enggak boleh lupa kalau olahraga itu penting banget buat kesehatan tubuh dan jiwa lo.

Mungkin beberapa di antara lo merasa kalau olahraga itu cuma kegiatan yang buang-buang waktu. Ada juga yang malas nyempetin diri buat olahraga karena kesibukan. Percaya, deh, sedikit waktu yang lo luangkan buat olahraga udah berarti banget buat lo.

Biar lo percaya, nih, Viki kasih beberapa alasan kenapa olahraga itu wajib banget buat cowok.

1. Bikin lo terlihat sehat dan kekar

Siapa yang di sini yang nonton Thor: Ragnarok bareng pacar atau gebetan? Viki yakin, pasti cewek lo tergila-gila sama badan kekarnya Chris Hemsworth. Tubuh kekar Hemsworth makin menegaskan identitas Thor sebagai dewa petir. Soalnya, enggak lucu juga kan kalau dewa petir diperanin sama orang yang super ceking atau malah obesitas? Bisa-bisa petirnya kalah sama gerimis.

Kalau cewek lo terpana, lo enggak usah cemburu, guys! Wajar aja kalau mereka suka. Soalnya, cewek merasa terlindungi sama cowok yang punya badan kekar. Nah, daripada lo cemburu enggak jelas, mending olahraga biar badan lo bisa kekar, meski enggak bakal sekekar Thor.

Seperti yang dikutip dari Klik Dokter, ada beberapa olahraga yang bisa meningkatkan massa otot lo. Yang pertama adalah squats. Olahraga ini bisa meningkatkan massa otot apabila lo lakukan dengan benar dan enggak asal lompat doang. Yang kedua, push-up, buat menambah massa otot di dada, pundak, sama core. Ada juga pull-up buat ngencengin otot bahu sama dada. Ketiganya bisa lo lakukan di mana aja, bahkan pakai tiang jemuran atau ayunan pun bisa.

2. Badan sehat, hati bahagia

Olahraga selalu identik dengan rasa lelah, keringat, dan pegal-pegal. Memang, sih, setelah berolahraga, lo akan merasa capek, pegal, berkeringat, dekil, pokoknya jadi satu, deh. Coba, deh, kurang-kurangin pikiran negatif kayak begitu. Soalnya yang harus lo lihat adalah efek yang dihasilkan setelah olahraga. Enggak cuma bikin badan jadi sehat, hati lo juga bisa bahagia karena olahraga.

Seperti yang dilansir Kompas, olahraga 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Menurut penelitian yang dilakukan University of Vermont, berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh dan hal itu berfungsi sebagai anti depresan alami. So, kalau lo lagi sedih, atau lo lagi stress, lebih baik lo olahraga aja, daripada ngelakuin hal yang enggak ada manfaatnya sama sekali.

3. Belajar sportif dan bekerja secara tim

Menang kalah dalam olahraga mudah ditentukan, karena standar dalam tiap permainan olahraga itu jelas banget. Terutama untuk olahraga yang dimainkan secara tim. Misalnya kayak bola basket, udah tertera jelas peraturan kalau lo masukin bola di luar arena lingkaran, lo bakal dapat tiga poin. Sedangkan, kalau lo masukin bola dalam lingkaran, skor lo dua. Semua itu jelas enggak bisa dinilai pakai subjektifitas. Misalnya, nih, lo yang amatiran ngelawan timnya LeBron James. Sejago apapun LeBron, tetep aja dia bakal kalah kalau tim lo bisa mengungguli skor timnya.

Memang sih, ada beberapa cerita kecurangan seputar olahraga, seperti misalnya saat Piala Dunia 2002 yang diduga kuat dilakukan oleh pihak Korea Selatan. Ataupun seperti yang dilakukan oleh Malaysia saat SEA Games 2017. Namun kecurangan-kecurangan itu mudah diketahui oleh publik karena olahraga biasanya terbuka buat umum.

Nah, makanya dengan berolahraga, secara enggak langsung lo belajar jadi orang yang sportif. Lo belajar bagaimana nerima kekalahan, atau belajar untuk enggak curang. Di antara semua itu, yang terpenting dari olahraga tim adalah bagaimana lo bisa belajar untuk bekerja sama secara tim. Soalnya, lo enggak bakal terus-terusan hidup sebagai satu individu saja.

4. Bukan cowok namanya kalau enggak kuat!

Yang namanya cowok itu memang harus kuat. Soalnya, seorang cowok harus bisa diandalkan dalam menjaga orang terdekatnya. So, kalau lo mau kuat, ya olahraga! Lo bisa pilih olahraga-olahraga yang memang bertujuan buat meningkatkan kepadatan tulang dan juga memperkuat sendi, seperti jogging, mendaki, dan latihan beban.

Menurut penelitian, olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot di sekitar tulang dan sendi, serta menjaga kepadatan tulang lo. Selain itu, semakin rajin lo berolahraga, resiko terkena osteoporosis atau kerapuhan tulang pun makin berkurang. Begitu juga sebaliknya. Semakin lo malas berolahraga, sendi-sendi lo pun menjadi enggak terlatih dan hal itu membuat lo jadi mudah lelah, serta sulit melakukan berbagai aktivitas fisik.

Enggak cuma olahraga aja, lo juga wajib mengimbanginya dengan makan makanan bergizi. Misalnya, susu, sayuran, dan daging-dagingan merah. Kalau lo bisa melakukan dua hal ini secara bersamaan, Viki jamin lo bakal bahagia saat lo melihat perubahan tubuh lo setelah berolahraga secara rutin. (*)

sumber: kincir.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musyawarah IPSI Majalaya, Wadahnya Perguruan Silat di Tingkat Kecamatan

Karawang – Sebagai wadah perguruan pencak silat di Kabupaten Karawang, ...