Omega 3 Tak Hanya Bersumber dari Laut, Tapi Juga dari Biji Chia

FAKTAJABAR.CO.ID – Demi menjaga kesehatan tubuh, seseorang juga membutuhkan asupan omega 3. Namun omega 3 hanya bisa diperoleh dari makanan karena tidak bisa disintesiskan di dalam tubuh. Omega 3 memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan kolesterol dan menyehatkan jantung dan otak.

Namun tak semua orang bisa mengonsumsi kandungan omega 3 yang biasanya ditemukan pada minyak ikan karena baunya yang amis ataupun alergi bahan dari laut yang diderita pada beberapa orang. Biji chia, biji-bijian padat nutrisi atau yang dikenal sebagai superfood, merupakan sumber alternatif omega 3 yang bersumber dari tanaman.

Menurut Medical Officer of PT. Kalbe Farma dr Anggi Citra Putri, Biji chia mengandung omega 3 dalam bentuk ALA, serat larut, asam amino, karbohidrat, serat berbagai mineral yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian terutama untuk kebutuhan omega 3 dan serat.

Konsumsi biji chia baik untuk kesehatan pencernaan dan mampu membantu mengontrol berat badan karena kandungannya yang tinggi serat. Kandungan omega 3 pada biji chia juga mendukung kesehatan otak, dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

“Omega 3 dalam biji chia ramah untuk para vegetarian karena diambil dari tanaman,” ujar dr Anggi.

Bahkan kandungan omega 3 pada biji chia 13 kali lebih besar bila dibandingkan dengan kedelai. Mengonsumsi biji chia merupakan cara termudah dan praktis untuk memenuhi kebutuhan omega 3 karena biji chia bisa dikonsumsi langsung. Cara mengolahnya bisa direndam dalam air minum, ataupun dicampurkan dengan salad, yogurt, jus, smoothies, dan beragam makanan atau minuman lainnya tanpa perlu khawatir dengan rasa amis ataupun alergi yang ditimbulkan.

Bagi yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengolah biji chia, kini hadir H2 Biji Chia yang dikemas secara praktis dalam kemasan pouch dan stickpack untuk on-the-go. (dtk)

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Down Syndrome Sedunia, Begini Kata Dokter RSUD Karawang

KARAWANG – Tahukah kalian, tepatnya pada hari ini, Kamis,(21/3/2024) merupakan ...