Studi: Berpelukan Lebih Ampuh untuk Menyehatkan Fisik dan Mental

FAKTAJABAR.CO.ID – Sedang merasa stres? Sedih? Atau kecewa? Berpelukan saja! Pelukan memang selalu menenangkan, baik itu dari orang tua, kekasih, kawan dekat, atau bahkan dengan orang asing sekalipun.

Berdasarkan sebuah studi baru, hanya dengan berpelukan dan menyentuh seseorang (dengan seizin mereka) dapat mengurangi perasaan buruk yang terkait dengan masalah umum yang terjadi pada interaksi sosial kita sehari-hari.

Studi yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi di Carnegie Mellon University ini meninjau interaksi sosial pada lebih dari 400 orang selama dua minggu. Mereka diwajibkan memberi ringkasan dari aktivitas harian, mood dan interaksi fisik mereka mengungkapkan adanya kaitan sebab-akibat antara kondisi emosional, konflik dan jumlah pelukan yang seseorang beri atau terima.

“Hasil mengindikasikan bahwa ada interaksi antara penerimaan pelukan dan paparan konflik sehingga menerima pelukan dikatikan dengan penurunan terkait konflik yang lebih kecil dan peningkatan terkait konflik yang lebih kecil ketika dinilai secara bersamaan,” tulis studi tersebut, dikutip dari CNN.

Berpelukan membantu seseorang merasa lebih baik setelah sebuah konflik atau kejadian negatif pada hari itu. Efek ini telah terlihat pada semua gender dan usia pada studi tersebut, walau para wanita melaporkan lebih banyak aktivitas pelukan ketimbang pria.

Michael Murphy, penulis peneliti tersebut, menyebutkan studi ini masih kurang spesifik. Walau hasilnya menunjukkan bahwa manfaat dari berpelukan tak memedulikan apakah kedua orangnya berada dalam hubungan asmara ataupun tidak. (dtk)

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Berkah Ramadan, 1000 Takjil Dibagikan RSUD Karawang

KARAWANG – RSUD Karawang kembali menggelar kegiatan ramadhan berkah. Sebelumnya ...