Ulah Oknum Aparat Desa Sukamakmur Usir Siswa SMP Yang Menuai Protes Penutupan Jalan

KARAWANG – Aksi sejumlah warga Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat di lokasi pembuatan jembatan yang membuat akses utama jalan mereka diputus total, Rabu siang (14/11/2018), diwarnai ulah oknum aparat Desa Sukamakmur yang mengusir anak-anak siswa SMPN 1 Telukjambe Barat.

Oknum tersebut meminta paksa anak-anak tidak ikut-ikutan aksi. Padahal, seperti disampaikannya, mereka turut bergabung bersama warga hanya untuk meminta akses jalan ke sekolahnya itu dibuka kembali. Yaitu dengan dibuatkan tempat melintas kendaraan bermotor. Karena sejak jalan ditutup, mereka harus memutar arah jalan lain hingga berjarak sekitar 5 kilometer.

“Sudah tiga minggu ini anak-anak memutar arah jalan ke sekolah yang cukup jauh. Padahal ketika jalan utama itu belum diputus oleh adanya pengerjaan dibuatkan jembatan, jarak tempuh mereka ke sekolah hanya antara setengah kilometer, dan paling jauh satu kilometer. Hemat kami, wajar anak-anak ikut protes meminta akses jalan utama mereka tidak ditutup total,” kata seorang guru SMPN 1 Telukjambe Barat, Nasam Adiwijaya.

Disaksikan beberapa orang aparatur Desa Karangligar dan Sukamakmur, serta aparat pembina Polri maupun dari TNI kedua desa, pihak pemborong akhirnya menyanggupi membuatkan akses jalan untuk bisa dilalui sepeda motor terhitung hari Senin mendatang (19/11/2018). Setelah janji itu disepakati, warga kemudian membubarkan diri. Namun warga memberikan catatan, bila janji ini tidak ditepati, mereka akan mendatangi Bupati Cellica Nurrachadiana dan para wakil rakyat di DPRD Karawang.

Sebelumnya, jalan akses utama warga Desa Karangligar, Parungsari, dan sekitarnya menuju dan dari Interchange Karawang Barat yang melewati Sukamakmur ini baru saja tuntas dicor secara keseluruhan. Namun tiba-tiba jalan malah ditutup total. Ternyata, jalan yang sudah dicor ini ada yang dibongkar dan diputus untuk dibuatkan saluran air sekitar 4 meter. Selanjutnya, jembatan pun dibangun dengan pagu anggaran Rp 183 juta dari Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Karawang.

“Kita tidak pernah tahu bakal ada pengerjaan proyek yang membuat warga kami tidak bisa melintas sama sekali. Semua aktivitas warga pengguna jalan jadi terganggu. Sedangkan baru bisa dibuka kembali pada awal Januari 2019. Jelas membuat warga bereaksi. Semestinya, sejak awal pemborong menyiapkan akses yang bisa dilalui minimal oleh sepeda motor. Lihat saja, papan nama proyeknya saja tidak ada?” sesal seorang aparatur Desa Karangligar, Darmo. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...