Cegah Abrasi di Pesisir Pantai Utara, PHE ABAR Tanam 15 Ribu Bibit Mangrove

KARAWANG-Abrasi yang terjadi di pesisir pantai utara menyebabkan berkurangnya daerah pesisir pantai. Jika dibiarkan, abrasi akan terus menggerogoti bagian pantai sehingga air laut akan menggenangi daerah-daerah yang dulunya dijadikan tempat bermain pasir ataupun pemukiman penduduk dan wilayah pertokoan di pinggir pantai.

“Penanaman mangrove di pesisir pantai Dsn. Pasirputih, Kab. Karawang ini dilakukan olah Pertamina Hulu Energi ABAR (PHE ABAR) pada hari ini (Kamis, 15/11/2018) diharapkan dapat mencegah abrasi di pesisir pantai utara Jawa” pungkas Farid Rachamandianto, Manajer Ekaplorasi PHE ABAR.

“Upaya yang dilakukan oleh PHE ABAR adalah wujud usaha perusahaan dalam ikut berperan serta menjaga lingkungan disekitar wilayah kerja.” tambahnya.

Ada 15.000 bibit ditanam disekitar area konservasi mangrove Dsn. Pasir Putih, Desa Sukajaya, Kec. Cilamaya Kulon, Kab. Kerawang.

Menurut Agus Sudaryanto selaku perwakilan perusahaan menuturkan “Tidak hanya PHE ABAR, Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) yang beroperasi disekitar pesisir pantai utara Jawa juga ikut serta,”.

Agus menegaskan bahwa Pertamina dan anak perusahaannya Pertamin Hulu Energi (PHE) melalui PHE ABAR dan PHE ONWJ berkomitmen berperan aktif menjaga lingkungan disekitar wilayah kerja.

Suhaeri selaku ketua komunitas peduli mangrove Dsn. Pasirputih (Pasir Berbisik) menuturkan “Dukungan dan kerjasama antara perusahaan dalam menjaga lingkungan sangat diharapkan, kami mewakili masyarakat pesisir mengucapkan terima kasih kepada PHE ABAR atas kepeduliannya, harapan kami kegiatan saat ini dapat menginspirasi perusahaan lain.

“PHE Abar selaku KKKS dibawah pengawasan SKK Migas melakukan Program Pendukung Operasi (PPO) penanaman mangrove dengan harapan terjalin komunikasi lebih lanjut dan perusahaan dengan aktifitasnya dapat berdampingan, saling memberikan nilai yang bermanfaat.

PHE ABAR aktif melakukan kegiatan eksplorasi di lepas pantai utara laut jawa, usaha ini bertujuan untuk menemukan cadangan migas baru, dan menjaga ketahanan energi nasional.

Baru-baru ini PHE ABAR berhasil menemukan cadangan gas baru sebanyak 84 miliar kaki kubik (BSCF) melalui pengeboran eksplorasi Karunia 1-X, Semoga PHE ABAR dalam usaha eksplorasinya, dapat menemukan cadangan migas baru lainnya yang ekonomis.(rls/one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Baca Nih ! ASN Bolos Kerja Ini Sanksi yang Diterima

Karawang – Hari pertama masuk kerja kehadiran Aparatur Sipil Negara ...