Melestarikan Kearifan Lokal Budaya Asli Karawang

Oleh: dr. Argen R. S. Rombot

KARAWANG – Dengan menggunakan perahu Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dr. Argen R. S. Rombot ingin berlabuh di Kursi Parlemen sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang pada Pemilihan Legislatif (PIleg) 17 April 2019 mendatang.

Belum meratanya ekonomi kerakyatan di Kabupaten Karawang, menjadi dasar keinginan dr. Argen untuk mengaktulisasikan dirinya terjun di kancah politik sebagai Bakal Caleg Partai Nasdem dengan nomor urut 5 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 4 yang meliputi Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Lemahabang, Tempuran dan Telagasari.

“Keterpanggilan saya berawal karena melihat kondisi perekonomian yang belum merata, antara masyarakat di daerah pinggir Karawang dengan yang ada di pusat Kota Karawang. Kemudian karena memang kendaraannya harus melalui Partai Politik, maka saya bersama Parta Nasdem akan memperjuangkan pemerataan ekonomi kerakyatan itu sampai terwujud,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Sabtu (24/11).

Dokter Umum yang pernah mengenyam Pendidikan Estetika di Itali dan Amerika itu, memiliki keinginan yang luhung untuk melestarikan kearifan lokal budaya asli karawang. Dengan harapan, kondisi yang terkotak-kotakan seperti saat ini, dapat tersusun kembali tanpa perbedaan sehingga mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan secara merata. “InsyaAlloh jika saya dipercaya masyarakat terpilih menjadi Anggota Legislatif di DPRD Kabupaten Karawang, saya akan mengenalkan Karawang itu dengan wisata ziarahnya atau wisata religinya. Sebab, pusat peradaban Islam di Jawa Barat bahkan di Indonesia itu berawal dari Karawang,” jelasnya.

Sehingga, sambung dr. Argen menjelaskan, perlu dijadikan icon karena karawang punya makna dan sejarah yang sangat luar biasa tetapi belum tereksplore secara luas. Terlebih lagi, menurut masyarakat di pinggir Karawang, begitu banyak prasasti atau jejak sejarah yang perlu dilestarikan sebagai identitas kearifan lokal, namun belum tersentuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. “Jika cagar budaya itu dilestarikan dan dikelola dengan baik, infrastruktur jalan bagus, secara otomatis akan meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya warga sekitar, dan saya akan perjuangakan itu semua,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...