Reses III, Anggota Dewan Provinsi Fraksi PKS Dorong Eksistensi Sekolah Swasta

KARAWANG – Keberpihakan pemerintah terhadap eksistensi sekolah SMA/SMK sederajat berbasis swasta menjadi satu catatan besar yang disampaikan dalam forum terbuka agenda reses III Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Ir. H. Abdul Hadi Wijaya, M.Sc, dihadapan ratusan masyarakat Rengasdengklok dan sekitarnya, Selasa (11/12) di kantor Pemerintah Desa Rengasdengklok Selatan, Kabupaten Karawang.

Seperti diketahui, berdasarkan pada data statistik hingga akhir tahun 2019 tercatat sebanyak 1,2 juta pelajar mengenyam pendidikan di sekolah SMA/SMK sederajat yang tersebar di tiap daerah se Jawa Barat. Sementara, menurut anggota Komisi 5 DPRD Pemerintah Provinsi Jawa Barat jumlah itu diketahui melampaui angka jumlah akumulatif pelajar sekolah SMA/SMK sederajat berstatus Negeri se Jawa Barat.

“Sebab itu, kami dari komisi lima mendorong agar keberpihakan pemerintah terhadap eksistensi sekolah swasta harus lebih besar untuk ke depannya. Sebaliknya, komisi v juga mendorong agar standar kelayakan sarana prasarana di sekolah SMA/SMK sederajat terus ditingkatkan demi kenyamanan proses pembelajaran para pelajar,”jelasnya.
Saat ini, menurut Dia, indeks kemajuan suatu daerah secara Nasional diketahui masih mengacu pada jumlah serapan dari angka keseluruhan pelajar lulusan dari tingkatan SMP sederajat ke jenjang lanjutan sekolah SMA/SMK sederajat. Saat ini, secara keseluruhan di wilayah daerah Jawa Barat pada skala Nasional berada pada urutan bawah ketimbang dari beberapa daerah lainnya di pulau jawa.

Dan itu, sebut wakil rakyat kelahiran Bandung ini, sudah sangat terbantu oleh keberadaan dan eksistensi sekolah swasta dalam menyerap jumlah lulusan keseluruhan pelajar dari tingkat sekolah menengah pertama.
“Pendidikan menjadi acuan kemajuan suatu daerah, karena itu kita perlu memberikan perhatian yang porposional kepada sekolah swasta. Ini, bukan hanya obrolan, sudah kita buktikan saat pembahasan di Provinsi, jika tidak ada perbaikan untuk memperhatikan sekolah swasta, kami dari fraksi PKS mengancam akan walkout,”jelasnya. (sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelayanan Rehabilitasi Medik RSUD Karawang

Karawang – Rumah Sakit Umum Daerah Karawang memberikan pelayanan rehabilitasi ...