Mulai 18 Desember 2018, Bayar Tunggakan BPJS 24 Bulan

KARAWANG – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, drg. Unting Patri menjelaskan tahun 2019 akan diberlakukan peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Yang akan berlaku di tahun 2019. Diantaranya pembayaran tunggakan awalnya bayar 12 bulan. Kini berubah menjadi 24 bulan.

“Yang lebih penting yaitu tentang pelunasan tunggakan. Jika sebelumnya tunggakan dihitung dengan jumlah maksimal tunggakan 12 bulan, sekarang mulai 18 Desember 2018 nanti akan dihitung maksimal menjadi 24 bulan. Oleh karenanya, bagi yang memiliki tunggakan, ayo segera bayarkan tunggakan iurannya sebelum aturan Perpres 82 ini diberlakukan,” kata drg Unting.

Selain itu juga ada beberapa hal yang diatur di dalamnya yaitu terkait kepesertaan suami istri yang sama-sama bekerja. Masing-masing harus didaftarkan sebagai peserta penerima upah oleh masing-masing pemberi kerja dan membayar iuran.

“Sementara untuk bayi baru lahir dari pesera JKN-KIS wajib didaftarkan kepada BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan,” ujarnya.

Unting menjelaskan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Karawang. Pasalnya sampai dengan 9 November 2018 jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Karawang mencapai 2.589.626 jiwa dari 3.049.951 jiwa atau 85.47%.

“Oleh karenanya, besar harapan kami pada tahun 2019, seluruh penduduk Karawang dan Purwakarta terdaftar menjadi Peserta Program JKN-KIS,” kata Unting lagi.

Dijelaskan pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Karawang telah bermitra dengan 244 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 70 Puskesmas, 6 Dokter Praktik Perorangan, 164 Klinik Pratama serta 1 Klinik Polri dan 1 Klinik TNI.

“Sementara itu, BPJS Kesehatan Cabang Karawang juga telah bekerja sama dengan 50 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 32 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya Klinik Utama), 8 Apotek serta 10 Optik,” tambahnya, yang mengakui pencapaian kinerja program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Karawang sendiri yang mencakup Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta juga terus mengalami peningkatan.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kader Posyandu Bantu Kurangi Angka Kematian Ibu & Anak

KARAWANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar jambore kader Posyandu di Kabupaten Karawang, Kamis 18 ...