Sedekah yang Membuat Kaya dan Berkah

FAKTAJABAR.CO.ID – Siapa yang tidak kenal Mohamed Salah? Mo Salah, panggilan akrabnya, merupakan pemain klub sepakbola Liverpool berkebangsaan Mesir yang saat ini merupakan pemain bola fenomenal dunia.

Tahun ini saja, Salah mendapatkan penghargaan sebagai Premier League Player of the Season dan Premier League Golden Boot setelah mencetak 43 gol dalam 46 pertandingan. Ia juga berperan besar mengantarkan Liverpool ke final Piala Champions baru-baru ini. Tidak heran, menurut situs Soccerladuma, manajemen Liverpool berencana untuk menaikkan gaji Salah, yang saat ini berkisar sebesar GBP 90.000 atau 1.7 miliar rupiah per pekan, secara besar-besaran.

Namun demikian, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Mo Salah juga digelari sebagai ‘Charitable King’ oleh fans Liverpool. Beberapa waktu lalu, pemain sepakbola berusia 25 tahun ini mengirimkan Jersey terbarunya kepada super fan Mohamed Abdel Karim yang sebelumnya mengenakan baju kaos bernomor punggung ‘SALAH 10’ yang ditulis tangan sendiri oleh bocah tersebut.

Tidak hanya itu, di Nagrig, kota kelahirannya di Mesir, ia juga membangun sekolah dan rumah sakit untuk anak-anak penderita kanker. Kedermawanannya menjadi buah bibir netizen, khususnya pencinta sepakbola dan umat Islam di seluruh dunia. Kedermawanan sesungguhnya merupakan salah satu sifat yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Sedekah juga merupakan salah satu amalan utama di bulan Ramadhan. Ali bin Muhammad Ad-Dahhami, dalam buku “Sedekahlah, Maka Kau Akan Kaya” membeberkan beberapa keutamaan sedekah. Keutamaan tersebut antara lain menolak bahaya, melipatgandakan kekayaan dan pahala, memadamkan kemarahan Allah SWT, menghapus dosa dan kesalahan serta pelindung dari siksa neraka. Beliau menekankan bahwa Allah SWT telah menjanjikan kekayaan dan pahala yang berlipat ganda dengan sedekah.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 261 dikatakan bahwa “Perumpamaan (nafkah/sedekah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. Ad-Dahhami juga menerangkan bagaimana cara melaksanakan sedekah yang paling utama, adab-adab dalam bersedekah, serta beberapa contoh dan teladan dalam bersedekah. (red)

Sumber: www.kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kisah Pedagang Bakso Keliling Kini Berhasil Mendirikan Pondok Pesantren

Karawang – Amo Zakaria seorang pedagang bakso berhasil mendirikan pondok ...