Bak Negeri Dongeng! Subang Punya 1000 Lokasi Air Terjun

FAKTAJABAR.CO.ID – Liburan akhir pekan di Subang? Mungkin ada yang bertanya ada apa di sana. Jawabannya adalah air terjun yang bertebaran di mana-mana.

Subang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang cukup berdekatan dengan Bandung. dilansir detik.com, wisata di Subang lebih banyak mengarah ke wisata alam, karena memang alam di Subang masih sangat terawat. Udara segar dan deretan pepohonan menjadi daya tarik alami yang dimiliki olah daerah ini.

Ini pertama kalinya saya mengunjungi Subang, hanya sekedar singgah di sela perjalanan menuju Kota Bandung. Pertama kali memasuki Subang, suasana yang saya rasakan adalah campuran antara suasana pedesaan yang asri, sejuk banyak pohon-pohon, tetapi juga cukup panas karena arus lalu lintas yang sudah mulai padat di siang hari.

Setelah beristirahat semalaman saya mulai melakukan perjalanan menuju Bandung dengan menggunakan kendaraan roda 2, tikungan berkelok-kelok, pepohonan rimbun di tepi jalan, tanjakan, dan banyaknya petunjuk arah menuju air terjun atau curug adalah suasana yang saya temui ketika melakukan perjalanan dari Subang ke Bandung ini.

Karena tergoda dengan banyaknya petunjuk arah ke air terjun yang ada di pinggir jalan, maka saya pun memutuskan untuk googling sejenak dan mencoba 3 air terjun yang tidak terlalu jauh dari jalur perjalanan saya menuju Bandung. 3 Wisata air terjun itu adalah:

Wisata Alam Capolaga

Ini adalah kompleks wisata yang bisa digunakan untuk berkemah dan menikmati keindahan alam yang masih asri. Di kompleks ini terdapat 3 buah air terjun yang berjarak masing-masing sekitar 1-2 km, dikarenakan kondisi fisik yang mulai renta, maka saya hanya mengabadikan air terjun yang paling bawah yaitu curug Gua Badak. sebuah air terjun dengan goa di bawahnya.

Curug Sadim

Curug Sadim ini merupakan sebuah tempat wisata yang cukup unik, sebuah lembah di antara 2 tebing yang di ujungnya terdapat air terjun. Air terjunnya sendiri dikelilingi tebing tinggi dengan pintu masuk ke air terjun sekitar 5 meter, jadi semacam lingkaran tebing begitu. Angin yang ada di lingkaran air terjun ini serasa tidak pernah berhenti, terus berputar di lingkaran tebing ini menjadikan suhu menjadi sejuk dan airnya pun menjadi cukup dingin.

Curug Mandala

Ada 2 air terjun yang terletak di tengah-tengah hutan. Bukan suatu hal yang mudah untuk mencapai lokasi dari Curug Mandala ini. Jalan tanah berhiaskan batu-batu sebesar kepala manusia yang tidak tertata, merupakan tantangan ekstream yang harus dilalui untuk dapat menikmati keindahan curug yang 1 ini.

Banyak foto lain yang belum bisa saya lampirkan disini. Untuk cerita lengkapnya bisa langsung kunjungi sumbernya di sukanyasar.com. Salam wisata Indonesia! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jasad Perempuan Tak Dikenal Gegerkan Warga Karawang Kulon Sehari Usai Pencoblosan

KARAWANG-Sehari paska pencoblosan pemilu 2019, warga Poponcol Kidul, Kelurahan karawang Kulon geger penemuan sesosok mayat ...