Hindari Kanker, Ini Kebiasaan Sehat yang Harus Dilakukan di Usia 40

FAKTAJABAR.CO.ID– Istri Ustad Maulana, Nuraliyah M. Nur Maunala atau Ummi Naorah, meninggal akibat kanker usus dalam usia 41 tahun pada Minggu (20/01/2019). Ummi Naorah berpulang di RS Bhayangkari, Makassar pada pukul 16.21 WIB.

Berkaca dari kasus tersebut kira-kira apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan, sebisa mungkin menghindari kanker di usia 40 tahun?

Dikutip dari situs HealthCommunities, usia 40 tahun adalah transisi dari dewasa ke pertengahan. Usia ini adalah masa yang tepat untuk melakukan upaya pencegahan menghadapi diabetes, gangguan jantung, dan beberapa tipe kanker. Jika sebelumnya sudah melaksanakan pola hidup sehat, kebiasaan tersebut harus tetap dipertahankan hingga lanjut usia. Bila belum melaksanakan, sebaiknya segera menerapkan tanpa perlu menunda.

Pola hidup sehat yang harus segera diterapkan makan teratur, rajin olahraga, tidak merokok, mengonsumsi alkohol secukupnya, dan menggunakan sabuk pengaman untuk menekan risiko kecelakaan. Berbagai tes terkait kondisi fisik, mental, dan psikologis ada baiknya segera dilakukan terutama bila mendapati adanya perubahan dibanding pada usia 30an. Selain itu, tak ada salahnya meminta saran dan melaksanakan jenis olahraga, imunisasi, dan skrining penyakit yang sebaiknya dilakukan.

Di usia 40 biasanya seseorang mulai menghadapi penyakit akibat penerapaan pola hidup sebelumnya. Tubuh yang sehat mulai merasa pegal, ngilu, dan tidak nyaman akibat usia yang makin meningkat. Kondisi ini merupakan faktor risiko terjadinya sakit punggung atau radang sendi, yang tidak akan reda seiring usia. Hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi risiko tejadinya penyakit tersebut, dengan pola hidup sehat dan tidak menggunakan otot secara berlebihan.

Tanggung jawab yang makin besar di usia 40 berisiko menyebabkan stres, tertekan, dan pada akhirnya meningkatkan kadar kolesterol, tekanan darah, lemak, dan detak jantung. Tanpa pemeriksaan kesehatan rutin kondisi ini berisiko mengakibatkan diabetes, stroke, serangan jantung dan penyakit lainnya.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waspadai Aneurisma yang Lebih Mematikan dari Stroke

FAKTAJABAR.CO.ID – Sakit kepala kerap disepelekan oleh banyak orang karena dianggap akan sembuh dengan sendirinya. ...