Begini Bahaya Minum Kopi Sachet yang Perlu Diketahui

FAKTAJABAR.CO.ID – Mengkonsumsi kopi tentu saja sudah banyak dilakukan masyarakat dan rata-rata seseorang meminum kopi sebelum melakukan aktivias di pagi hari. Beberapa orang percaya bahwa kopi mampu memberikan rasa lebih baik daripada jenis minuman yang lain. Perkembangan dari kopi juga bisa dilihat bahwa penikmat kopi tidak hanya orang dewasa saja tetapi banyak juga kaum muda.

Sebenarnya ada beberapa manfaat dari kopi ini mulai dari mencegah terjadinya kanker, mencegah penyakit jantung, menghilangkan rasa kantuk, menghilangkan rasa stress, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Racika kopi kini juga semakin bervariasi mulai dari dipadu dengan susu maupun bahan lainnya. Sayangnya,banyak orang lebih tertarik ke minuman kopi instan atau kopi sachet yang dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa bahaya kopi sachet mampu mengancam kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Beberapa pakar kesehatan juga mengungkapkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi kopi instan jauh lebih berbahaya karena kita tidak tahu kandungan apa saja di dalamnya dan sudah berapa lama kopi tersebut.

Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi kopi, ada beberapa efek samping dari kopi sachet yang mungkin sangat diperlukan guna mencegah dampaknya.

Memperbesar Peluang Terjadi Diabetes

Mengkonsumsi kopi instan secara teratur bahkan terlalu sering bisa membuat peluang terjadinya penyakit diabetes semakin besar. Kebanyakan kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan yang tidak baik dikonsumsi secara berkala. Jika terpaksa mengkonsumsi kopi sachet maka sebaiknya imbangi dengan konsumsi air putih lebih banyak.

Memperbesar Terjadinya Penyakit Jantung

Karena peminat dari jenis kopi sachet saat ini merambah ke usia muda maka bisa menyebabkan peluang penyakit jantung jauh lebih besar. Kandungan kafein berlebih dalam tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh terlalu tinggi.

Meningkatkan Terjadinya Hipertensi

Terlalu banyak mengkonsumsi kopi instan yang mengandung krimmer bisa meningkatkan peluang terjadinya penyakit hipertensi. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Ternyata kandungan krimmer nabati dalam segelas kopi tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh dan sangat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu jika Anda penyuka kopi krimmer segera kurangi atau berhenti mengkonsumsi krimmer.

Meningkatkan Kolesterol Jahat

Pemicu dari naiknya kolesterol jahat dalam tubuh adalah terlalu banyak mengkonsumsi kopi sachet. Lagi-lagi kandungan krimmer dalam kopi membuat kolesterol tubuh susah dicerna dalam tubuh sehingga membuat kandungan kolesterol semakin tinggi.

Memicu Kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti bahwa kopi sachet bisa menyebabkan penyakit kanker ternyata ada satu kandungan dimana jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kanker yakni gula dan minyak nabati. Jika kedua kandungan tersebut di ekstraksi menjadi satu menggunakan bahan kimia tertentu maka sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jangan melihat bungkus dan murahnya saja, tetapi Anda harus bisa memperhatikan efek bagi kesehatan nantinya.

Menyebabkan Insomnia

Selain masalah kesehatan, dari efek mengkonsumsi kopi sachet secara berlebih adalah bisa menyebabkan susah tidur atau insomnia. Banyak orang bertujuan tidak mudah ngantuk jika konsumsi kopi, tetapi jika terlalu banyak maka bisa mengakibatkan insomnia. Jika tidak diatasi dengan cepat maka bisa mengganggu metabolism tubuh.

Meningkatkan Adrenalin

Banyak orang merasakan lebih bersemangat setelah minum kopi, padahal efek tersebut sungguh tidak baik bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Meningkatnya adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras, jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi.

Denyut Jantung Tidak Beraturan

Sebelum ke tahap penyakit jantung, efek samping dari konsumsi kopi berlebih adalah membuat denyut jantung tidak beraturan. Hal tersebut sangat tidak baik karena kapan saja bisa menimbulkan resiko gagal jantung.

Tentu saja setelah melihat berbagai efek samping dari meminum kopi terlalu sering, maka Anda pasti mencari tahu bagaimana cara menghilangkan efek samping yang sudah terlanjur ada di dalam tubuh. Namun, Anda masih bisa menghindari bahaya dari kopi sachet dengan melakukan beberapa tips dalam konsumsi kopi secara sehat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waspadai Aneurisma yang Lebih Mematikan dari Stroke

FAKTAJABAR.CO.ID – Sakit kepala kerap disepelekan oleh banyak orang karena dianggap akan sembuh dengan sendirinya. ...