Tanggul Citarum di Batujaya Amblas Tiga Meter! Awas Banjir Mengintai

FAKTAJABAR.CO.ID – Tanggul Sungai Citarum Dusun Tengah 1 RT 02 RW 01, Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat amblas 3 meter. Titik amblas tanggul diperkirakan mecapai panjang 60 meter.

Sakam (55) warga Dusun Tengah 1 RT02 RW 01 Desa DTelukbango mengatakan itu. “Saya dan warga masyarakat yang ada didusun sekarang merasa was was melihat kondisi tanggul yang sudah amblas 3 meter ini. Masalahnya tidak mau lagi ada kejadian tanggul jebol seperti tahun 2013. Dampak dari itu semua warga masyarakat Desa Telukbango jadi sengsara. Sudah kehilangan pencaharian, juga tidak bisa beraktivitas untuk kerja. Yang ada hanya penyakit datang menyusahkan warga masyarakat semua,” kenangnya, memceritakan.

Terpisah, Sobur, Kades Telukbango mengamini kondisi tanggul amblas tersebut. “Betul, kondisi tanggul Sungai Citarum Dusun Tengah sudah amblas 3 meter dan panjang 60 meter,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut dia, Pemdes Telukbango bersama warga bergotong royong menguruk tanggul amlas menggunakan tanah.

“Arukan amblas itu sampai habis tujuh truck tanah. Pada intinya, untuk mengantisipasi jangan sampai lagi terjadi tanggul jebol ditempat yang sama sepeeti tahun 2013,” bebernya.

Meski begitu, Sobur menyatakan tetap melayangkan tembusan kepihak BWWS agar kondisi tanggul bisa segera diperbaiki.

“Sayangnya belum juga ada jawaban sampai saat ini. Harapan, semoga pihak berwenang cepat tanggap dalam kejadian ini. Karena mengingat sekarang musim hujan khawatir situasi air meninggi bisa mengakibatkan tanggul jebol, “pungkasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...