Musrenbang Bappeda Bahas Perempuan dan Anak di Karawang

KARAWANG– Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan Musrenbang Perempuan dan Anak Kabupaten Karawang tahun 2019, di Hotel Mercure, Karawang, Kamis 21 Februari 2019.

Dalam kegiatan Musrenbang tersebut juga mengadakan talk show yang menghadirkan sejumlah narasumber yakni tamu undangan Lies Rosdianty yang menjabat sebagai Asdep Pemenuhan Hak Sipil Informasi dan Partisipasi Anak. Lalu narasumber lainnya yakni Inge Wahyuni, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3AKB Jawa Barat.

Sementara narasumber lainnya adalah Rina Marlina sebagai Dosen Universitas Singaperbangsa (Unsika) yang juga sebagai relawan P2TP2A. Juga ada Ramon Wibawalaksana sebagai Kepala Dinas PRKP, dan Abdul Aziz Kepala DP3A. Pada Musrenbang tersebut juga dihadiri oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan juga sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Kegiatan Musrenbang Perempuan dan Anak Kabupaten Karawang tersebut merupakan rangkaian kegiatan Musrenbang Karawang tahun 2019 yang sudah dilaksanakan sejak 6 Februari 2019. Tujuannya adalah sebagai upaya peningkatan pengarusutamaan gender (PUG), memaksimalkan perempuan dan anak sebagai penerima manfaat pembangunan. Membuka ruang partisipasi perempuan dan anak dalam pembangunan serta penyusunan perencanaan pembangunan yang pro perempuan dan ramah anak.

Kepala Bappeda Karawang, Eka Sanatha mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian implementasi kebijakan responsif gender dan ramah anak di Kabupaten Karawang. Karena, selama ini Musrenbang belum benar-benar melibatkan perempuan dan anak sebagai subjek.

“Seringkali perempuan hanya dianggap sebagai pelengkap administrasi dan penyedia konsumsi. Bahkan, perwakilan anak sama sekali belum pernah dilibatkan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di Karawang,” katanya.

“Dengan kata lain hari ini kita mencoba membuka ruang partisipasi perempuan dan anak dalam proses perencanaan di Karawang,” ujarnya lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Bupati Cellica menyambut baik kegiatan ini. Dikatakan Bupati, sudah saatnya dalam setiap perencanaan pembangunan Karawang harus melibatkan perempuan dan anak sebagai subjek.

“Apalagi, kini Pemerintah Kabupaten Karawang sedang menggalakan wilayah ramah untuk anak,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Massa Percobaan CPNS Bidan PTT Selama Satu Tahun

KARAWANG – Sebanyak 47 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri ...