BB Tour & Travel Mendapatkan Sertifikasi, H. Yayat: “Kami Jamin Kualitas Pelayanan Jama’ah Haji & Umroh”

KARAWANG – PT Bagja Bagea Balarea (BB Tour & Travel) mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional yang dilakukan oleh PT. Sucofindo. Bahkan pihak BB Tour & Travel menjamin kualitas pelayanan jama’ah haji dan umroh.

Atas sertifikasi perusahaan jasa tour dan travel haji dan umroh yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, pihak BB Tour & Travel menggelar syukuran di Rumah Makan Djaka Karawang, Jawa Barat, Selasa 26 Februari 2019.

Dalam kegiatan syukuran ini, BB Tour & Travel mengundang pihak Kementrian Agama Karawang, Imigrasi Karawang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, serta beberapa perwakilan jama’ahnya.

“Hari ini BB Tour & Travel mendapat sertifikasi Komite Akreditasi Nasional yang dilakukan oleh PT. Sucofindo. Ini bagian dari rasa syukur BB Tour yang sudah memenuhi standar sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Direktur BB Tour & Travel, H. Yayat Syariful Hidayat.

Menurutnya, BB Tour & Travel berdiri sejak 2014. Namun baru mendapatkan izin dari Kementrian Agama pada 2016. Sementara untuk 2019 ini, BB Tour & Travel sudah memenuhi semua aturan main yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Agama, termasuk sertifikasi.

“Karena Maret 2019 adalah batas terakhir semua travel di Indonesia untuk memiliki sertifikasi. Ada lebih dari 900 travel se-Indonesia harus mampu menunjukan sertifikasi ini. Kalau tidak, maka izin PPIU (Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh) akan dicabut Kementrian Agama,” katanya.

Oleh karena itu, H. Yayat menjelaskan, kelebihan dari BB Tour & Travel jika dibandingkan dengan perusahaan jasa travel lain, yaitu dari segi administratif perusahaannya sudah memenuhi semua persyaratan.

Sehingga para jama’ah tidak perlu takut atau khwatir ketika berangkat ke bandara ada sweeping dari Kementrian Agama, Imigrasi dan aparat gabungan.

“Karena kalau mereka tidak punya izin tidak boleh berangkat, akan tertunda keberangkatannya. Kalau BB Tour sudah memenuhi semua persyaratan,” jelas H. Yayat.

Kemudian dari segi pelayanan, lanjut H. Yayat, setiap pemberangkatan jama’ah dari BB Tour akan selalu ada tour leader yang mendampingi yang juga sudah tersertifikasi. Pasalnya, dari 38 item syarat sertifikasi yang didapatkannya, si pengantar jama’ah harus memiliki sertifikat tour leader.

“Orang yang berangkat ke sana harus terakreditasi oleh Komite Akreditas Nasional. Kita sudah ada 5 orang yang sudah memiliki sertifikasi tour leader. Ini bagian dari jaminan bahwa insya Allah dari sisi administrasi dan SDM kita kualitasnya dijamin,” lanjutnya.

Disinggung mengenai agenda jangka pendek BB Tour & Travel, H. Yayat kembali menjelaskan, jika 1 Maret 2019 pihaknya akan memberangkatkan 180 jama’ah yang tersebar dari berbagai kabupaten/kota. Diantaranya Karawang, Ciamis, Garut, Bandung, Jawa Tengah, sampai jama’ah paling jauh dari Sulawesi Tenggara.

Ditegaskan H. Yayat, BB Tour & Travel sendiri merupakan kantor pusat perusahaan jasa travelnya (bukan kantor cabang). Sementara beberapa cabang di kabupaten/kota lain sedang dalam proses administrasi untuk mendapatkan SK dari kantor wilayah provinsi setempat, semisal kantor cabang di Kabupaten Garut.

“Yang lainnya seperti di Bali, Medan, Sulawesi Tenggara, Ciamis, Tasik sedang berproses. Akta notarisnya sudah keluar sebagai cabang, semuanya sedang berproses untuk mendapatkan SK dari Kementrian Agama Provinsi,” paparnya.

Untuk harga yang ditawarkan, H. Yayat menjamin telah memenuhi batas referensi yang sudah ditentukan oleh Kementrian Agama.

“Kita tidak pernah bermain menurunkan dan menaikan harga di bawah belasan juta. Tetapi kalaupun ada uang lebih yang diberikan jamaah, maka akan kita kembalikan dalam bentuk layanan yang lebih. Misal yang tadinya hotel bintang tiga bisa jadi bintang empat dan begitupun seterusnya,” katanya.

“Karena niatan kita semata-mata melayani para jamaah. Insya Allah harga lebih kompetitif, bahkan bisa lebih bagus punya kita dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada para jamaah,” pungkas H. Yayat, sembari mengaku jika BB Tour & Travel sudah memberangkatkan para jama’ah ke tanah suci sampai ribuan jama’ah lebih.

Sementara itu, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, Nina berharap, agar langkah sertifikasi yang dilakukan BB Tour & Travel ini juga diikuti oleh semua perusahaan jasa travel haji dan umroh lainnya, khususnya di Kabupaten Karawang.

“Karena yang diketahuinya, saat ini baru ada 4 perusahaan jasa travel haji dan umroh di Karawang yang baru mendapatkan sertifikasi,” tandasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...