Kabupaten Purwakarta Ekspor 3.010 Ton Buah Manggis ke China

FAKTAJABAR.CO.ID – 3.100 ton buah manggis dari Kabupaten Purwakarta di ekspor untuk di kirim ke China. Ekspor ribuan ton buah manggis ini langsung dilepas Kementerian Pertanian (Kementan).

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, mengatakan, manggis merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia dan telah diekspor dari tahun 2013 hingga 2018. Ekspor buah manggis ini dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang tajam.

“Di tahun 2013 ekspornya hanya 7.000 ton, namun di 2018 naik menjadi 39.000 ton, atau naik sebanyak 400,2 persen,” kata Syukur, baru-baru ini.

Sebanyak 40 persen total ekspor, manggisnya berasal dari Jawa Barat. Sentra produksi buah manggis Jawa Barat di antaranya Purwakarta, Subang, Sukabumi dan Tasikmalaya. Syukur mengatakan, tujuan ekspor manggis Indonesia telah menembus banyak negara, seperti Tiongkok, Hongkong, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Qatar, Amerika, Australia dan beberapa negara Asean lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Suherlan, mengatakan, Kabupaten Purwakarta memiliki topografi yang bervariasi dengan lima kecamatan sentra sayuran dan buah-buahan yakni Wanayasa, Pondok Salam, Kiara Pedes, Bojong, dan Darandang. “Di Purwakarta sudah ada beberapa eksportir, ini yang akan memberikan kemudahan bagi petani. Contohnya manggis, bulan Februari akan panen sekitar 50.000 ton,” kata Agus.

Luas lahan manggis di Purwakarta mencapai 1.400 hektare yang tersebar di lima kecamatan tersebut. Harga saat ini semakin bagus seiring dengan adanya dua eksportir peserta dua unit packaging house di dua kecamatan, yakni Darandang dan Purwakarta. “Bila dulu harganya maksimal Rp12.000 per kg, tapi sekarang untuk diekspor Rp28.000 per kilogram,” kata Agus. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...