70 % Masyarakat Karawang Masih Bergantung Sektor Pertanian

KARAWANG -Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang Eka Sanatha menjelaskan, meskipun Karawang tengah menggeliat menjadi salah satu daerah dengan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, sebanyak 70 % penduduknya masih bergantung pada sektor pertanian.

Pasalnya sementara industri yang masuk ke Karawang kebanyakan sektor manufactur, yang kebanyakan menggunakan bahan baku atau komponen dari luar Karawang, bahkan luar negeri.

“Di Karawang sendiri terdapat sekitar 1.500 pabrik dari berbagai sektor industri. Pabrik-pabrik ini tersebar di sejumlah kawasan di Karawang. Ini PR (pekerjaan rumah) bagi kita bersama,” katanya di acara Musrenbang pekan lalu.

Eka mengatakan, berangkat dari hal itu Pemkab Karawang berharap berharap ada investor di bidang pertanian atau olahan pangan masuk ke Karawang. Yakni, investasi besar yang produknya menggunakan bahan baku dari pertanian di Karawang. Menurutnya, hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) yang perlu dipikirkan bersama.

“Karawang kaya akan hasil pertanian. Kita berharap ke depan, mungkin ada makanan olahan atau apapun yang dapat mengangat ekonomi masyarakat Karawang,” katanya.

Meski belakangan ini investasi di Karawang sedikit melambat, pada 2020 ia berharap investasi masuk ke Karawang kembali stabil. Ia juga meminta para investor yang masuk ke Karawang tak khawatir.

“Para investor tidak usah khawatir dengan kebutuhan-kebutuhan investasi, untuk air kita ada SPAM Jatiluhur, telekomunikasi juga tidak sulit,” katanya. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...