Tiap Hari DLHK Tampung 900 Ton Sampah Domestik

KARAWANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang bakal fokus melakukan penanganan pengurangan sampah domestik rumah tangga ditahun 2019. Bahkan DLHK akan memasang teknologi incinerator di 10 titik.

Menurut Wawan Setiawan, Kepala DLHK setempat, menyebutkan tahun 2019 dinas mendapatkan teknologi incinerator dari Lemerintah Provinsi Jawa Barat untuk 10 titik.

“Saat ini pemerintah daerah tengah berupaya untuk mencari lahan yang bisa digunakan dalam melakukan pengelolaan sampah melalui teknologi incinerator itu,” kata Wawan pekan lalu.

Wawan mengatakan, sejumlah kepala desa sudah lakukan sosilisasi akan pemasangan alat itu. Pihaknya berharap ada lahan kosong dari desa untuk digunakan untuk pengelolaan sampah melalui teknologi incirenator.

“Inceranator itu bisa dipasang beberapa perbatasan atar desa. Sehingga satu incinerator itu bisa digunakan untuk mengelola sampah dibeberapa desa,” katanya.

Wawan menyebutkan, sampah domestik di Karawang saat ini mencapai 800-900 ton setiap harinya. Namun sampah yang bisa diangkut ke tempat pembuang sampah akhir Jalupang itu hanya sekitar 600 ton setiap harinya.

“Sehingga perlu pengelolaan sampah dilakukan di masyarakat langsung,” pungkas Wawan.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...