Waspada! Bahaya Penyakit Menular Gumboro

KARAWANG– Sebanyak 18.000 ayam yang diperoleh 360 rumah tangga miskin (RTM) diberikan vaksin oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Senin 11 Maret 2019.

“Vaksin dilakukan, untuk mencegah penyakit gumboro,” kata Kepala Dinas Pertanian Kab. Karawang, Hanafi Chaniago.

Ia mengatakan di tahun 2019 ini, sebanyak 492 ribu ayam petelur akan diserahkan kepada 9.200 rumah tangga miskin Karawang.

“Kita melakukan vaksin secara bertahap,” kata dia lagi.

Menurutnya vaksin diberikan untuk menghindari penyakit Gumboro atau Infectious Bursal Disease (IBD). Gumboro merupakan penyakit menular akut pada ayam yang berumur muda.

Lanjutnya, ciri penyakit tersebut ditandai dengan peradangan berat pada bursa fabrisius dan bersifat immunosupresif yaitu lumpuhnya sistem pertahanan tubuh ayam yang mengakibatkan turunnya respon ayam terhadap vaksinasi dan ayam-ayam menjadi lebih peka terhadap pathogen.

Gejala-gejala awal ayam yang telah terinfeksi virus IBD adalah ayam terlihat lesu, kurang bergairah dan seringnya berdiam diri yang menyebabkan nafsu makan dan minum menurun.

“Ayam yang paling banyak terserang adalah kelompok yang berumur 3 sampai 6 minggu. Biasanya kalau yang baru berumur dua minggu itu kurang terlihat,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tunjukan Kinerja, Satpol PP Karawang Operasi Gepeng

KARAWANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karawang langsung gerak menunjukan kinerjanya dengan ...