Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2019

FAKTAJABAR.CO.ID – Pemerintah menyiapkan 1.200 bus untuk pelayanan mudik gratis Lebaran 2019 ke 40 kota tujuan. Pendaftaran online akan dibuka besok.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan secara manual dan online. Untuk pendaftaran online, jelas Budi, akan dibuka pada Kamis (20/3).

“Jadi mendaftarkannya sama seperti yang tahun lalu karena ini sudah kita pastikan yaitu mudikgratis.dephub.go.id ini online. Mulai besok untuk online,” ujar Budi Setiyadi dikutip dari Detik.com, Rabu (19/3/2019).

Sedangkan untuk pendaftaran manual, jelas Budi, belum dipastikan waktunya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerah terlebih dahulu, namun diperkirakan akan dibuka pada awal April 2019.

“Kalau manualnya nanti ada di dinas perhubungan daerah, nanti kita kontrak di Kemenhub termasuk dengan dinas perhubungan akan membuka pendaftaran secara manual. Kalau manual tunggu kontrak, sekitar awal April,” ucapnya.

Pemberangkatan penumpang akan dijadwalkan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Budi menyebut pemberangkatan bus akan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek.

“Ada di Monas, Bogor di stadion Pekansari, ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor Pemda Kabupaten Tangerang, dan Bekasi titik ya di lapangan Sumarecon Bekasi, jadi Jabodetabek ada semuanya pemberangkatan,” katanya.

Sedangkan untuk kepulangan akan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019. Titik arus balik akan juga dilakukan di lima titik.

“Terus untuk arus balik, akan dilakukan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri,” papar Budi.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...