Bagaimana Caranya Menangkal Hoaks? Ini Penjelasannya

KARAWANG– Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari membuka acara Seminar Menangkal Hoaks dengan tema “Mengapa Hoaks Semakin Menjamur?” dalam rangka Hari Pers Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karawang di Swiss Bellin Karawang, Jumat (22/3/2019) pagi.

Kang Jimmy menuturkan, pemerintah harus konsen menangkal berita-berita bohong yang dapat memecah belah warga dan umat. Kata Kang Jimmy, hoaks menjadi senjata orang-orang jahat yang memiliki kepentingan.

Apalagi, memanfaatkan teknologi, penyebaran hoaks semakin cepat. Untuk itu, Kang Jimmy mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya, ikon yang berkompeten dalam menangkal hoaks adalah rekan-rekan media.

Kang Jimmy mengaku prihatin dengan penyebaran hoaks terutama di wilayah Kabupaten Karawang. Beberapa waktu lalu, ada beberapa kasus penyebaran hoaks yang terjadi di Karawang yang menjadi sorotan nasional.

“Saya mendukung pemerintah untuk berkolaborasi dengan teman-teman media sebagai garda terdepan untuk menangkal hoaks yang semakin menjamur. Tagline teman-teman PWI dengan mengabarkan bukan mengaburkan itu sudah merupakan bentuk perlawanan melawan hoaks,” kata kang Jimmy.

Kang Jimmy juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan berita-berita yang ada di media sosial

“Tanpa tahu sebenarnya apa,” katanya.

Ketua PWI Karawang, Aep Saepulloh menambahkan, melihat sejarah hoaks memang sejak dulu sudah ada. Bahkan mengancam keamanan negara. Sebab itu, peran media dapat menangkal berita hoaks yang saat ini tengah menjamur di masyarakat.

“Kawan-kawan media dapat menangkal berita-berita hoaks yang dapat merugikan,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...