Seminar Kesehatan Mandaya Hospital Bahas Bahaya TB Paru & DBD

KARAWANG– Mandaya Hospital Karawang menggelar seminar kesehatan dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Bahaya Tuberkulosis (TB Paru) dan Demam Berdarah”, Sabtu (23/3/2019) di Auditorium Mandaya Hospital.

Seminar itu guna mengedukasi masyarakat terhadap bahaya penyakit Tuberkulosis dan mengenal bahaya tentang demam berdarah.

Acara ini sekaligus memeperingati hari TB sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret dengan mengajak masyarakat Karawang dan sekitarnya dalam pencengahan dan pengendalian TBC.

Dalam seminar kesehatan ini Mandaya Hospital hadirkan dua dokter spesialis yang berkompeten dibidangnya yaitu dr. Nurhayati, Sp.P, FISR dokter spesialis Paru Mandaya hospital dan dr. Serly Gonidjaja, Sp.PD dokter spesialis penyakit dalam Mandaya Hospital Karawang.

Dokter Nurhayati menjelaskan, TBC itu penyakit menular dan bukan penyakit keturunan. Tetapi dapat disembuhkan dengan berobat secara teratur. Pasalnya jika tidak diobati dampaknya akan tertular ke keluarga bahkan ke orang lain dan terus menyebar.

“Sebenarnya bisa disembuhkan.memang kuman ini bandel, perlu diminum dengan berbagai macam obat karena pemulihannya lumayan lama minimal 6 bulan, ini belum berbicara efek sampingnya karena kondisi tubuh tiap orang berbeda,” kata dokter Nurhayati dokter spesialis paru Mandaya Hospital.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat bahwa TBC ini salah satu penyakit dari perilaku yang tidak sehat, mari kita berupaya jangan sampai menderita TBC ini.

“Berperilaku hidup sehat sejak dini dan ketika gejala TBC segera periksa kesehatan dan obati sampai sembuh,” imbaunya.

Dokter Serly Gonidjaja Sp.PD selaku narasumber kedua mengungkapkan, di musim penghujan ini kasus DBD tidak bisa dipungkiri jika ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) semakin nyata yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti.

“Untuk itu melalui seminar ini para peserta seminar diharapkan bisa lebih mewaspadai bahaya penyakit Demam Berdarah, dan segera melakukan pencegahan dari bahaya penularan penyakit DBD, diantaranya salah satunya dengan lakukan pola hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Para peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan para pakar kesehatan dari Mandaya Hospital dan sangat aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar materi tersebut.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Karawang Lindungi Para Pekerja Konstruksi Melalui BPJS Ketenagakerjaan

KARAWANG – Sebagai wujud komitmen terhadap program BPJS, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Pemerintah ...