Dinkes: Kasus Kematian Ibu dan Bayi di Karawang Menurun

KARAWANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melaporkan kasus kematian ibu dan bayi di daerah tersebut mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir.

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan setempat Yayuk Sri Rahayu, Dinas sudah berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi, saat diwawancara media, Kamis (28/03/2019)

“Selama beberapa tahun terakhir ini, kami sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,” kata Yayuk.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menyebutkan, kasus kematian ibu pada tahun 2018 mencapai 43 kasus dan kasus kematian bayi 162 kasus. Sedangkan pada 2017 tercatat 59 kasus kematian ibu dan 173 kasus kematian bayi.

Ia mengatakan, dari data dua tahun terakhir itu terlihat kalau kasus kematian ibu dan bayi di Karawang mengalami penurunan. Jika dibandingkan dengan target nasional, maka capaian penekanan kasus kematian ibu dan bayi di Karawang tercapai.

Untuk tahun ini hingga Maret 2019, tercatat tujuh kasus kematian ibu dan 22 kasus kematian bayi di Karawang.

Diharapkan agar kasus kematian ibu dan bayi pada tahun ini mengalami penurunan, seperti yang terjadi pada 2018.

Menurut dia, upaya yang telah dilakukan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi tersebut sudah banyak. Di antaranya ialah penguatan sistem rujukan ke rumah sakit.

Selain itu, ada pula program penguatan kualitas pelayanan gawat darurat ibu dan bayi, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit wilayah Karawang.

Upaya lainnya ialah melakukan pendampingan oleh pendamping dari Dinas Kesehatan Karawang serta melakukan deteksi resiko tinggi ibu hamil.

Sumber: Antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...