Perlu Baca! Selain HIV/AIDS & Malaria, Penyakit TBC Bisa Menular

KARAWANG– Peringatan hari TBC sedunia, yang jatuh pada 24 maret menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang. Sebab ,kasus TBC masih terbilang masih tinggi di Karawang .

Dengan demikian Dinas Kesehatan lakukan deteksi dini melalui kegiatan mendatangi rumah warga dan mendatangi beberapa tempat. Hal itu untuk mencari para penderita terduga penyakit Tuberculosis atau TBC ,sekaligus untuk mendeteksi dini penularan.

Sehubungan penyakit TBC menjadi salah satu penyakit menular yang menjadi perhatian dunia ,selain HIV/AIDS dan malaria .Bahkan Indonesia peringkat kedua, setelah India yang memiliki jumlah terbesar pengidap TBC di dunia. Tingkat kesakitan, kematian dan jumlah penderitanya masih tinggi.

“Sampai sekarang kami sudah melakukan upaya deteksi dini dengan mendatangi rumah warga dan tempat-tempat lain seperti lapas dan sekolah. Hal tersebut dilakukan oleh petugas puskesmas ,kader posyandu, aparat desa ” kata Kabid P2PL, Sri Sugihartati pada peringatan Hari TBC di Aula Kantor Bupati Karawang pada 5 April 2019.

Dari hasil deteksi dini tersebut,ditemukan sebanyak 3221 warga terduga mengidap TBC.Ditambah 135 terjaring dan ditambah lagi dengan temuan satu orang warga binaan lapas yang mengidap TBC.

“Mengingat TBC ini penyakit menular yang resiko penularannya cukup tinggi ,sehingga penderita harus dicari supaya bisa langsung di obati sampai sembuh, melalui gerakan Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS),” ucapnya.

Menurutnya, penyakit TBC di sebabkan bakteri tuberculosis .Penularannya lewat udara .Ketika penderitanya batuk atau mengeluarkan dahak .Untuk mengantisipasi penulatannya.

“Penderita harus mengenakan masker supaya penyakitnya tidak menular ke orang lain,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Berkah Ramadan, 1000 Takjil Dibagikan RSUD Karawang

KARAWANG – RSUD Karawang kembali menggelar kegiatan ramadhan berkah. Sebelumnya ...