40 BUMDes di Kabupaten Karawang Bakal Diguyur Dana Tambahan Rp100 Juta

KARAWANG -Sebanyak 40 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Karawang bakal mendapatkan bantuan dana tambahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dana tambahan itu sebesar Rp100 juta peruntukan pengembangan BUMDes.

Menurut Kabid PUEM DPMPD Kabupaten Karawang, Agus Somantri, Pemprov memberikan bantuan untuk 500 BUMDes se Jawa Barat. Salah satunya Kabupaten Karawang mendapatkan bantuan itu.

“Alhamdulillah BUMDes Karawang dipercaya oleh Pemprov untuk pengembangan usahanya. Kabupaten Karawang paling banyak BUMDes yang diberikan bantuan mencapai 40 BUMDes. Kabupaten/kota lainnya di Jabar hanya sedikit. Ada yang 12 BUMDes dan sebagainya,” kata Agus kepada Fakta Jabar.

Asom, sapaan akrabnya Agus Somantri, menyebutkan dari ratusan BUMDes yang ada di Karawang pihak dinas akan selektif memilih BUMDes yang aktif sehingga layak mendapatkan bantuan itu.

Terhitung keaktifan dari sejak tahun 2017 sampai sekarang 2019. Kemudian rapih dalam adminisrasi seperti laporan keuangan dan pembukuan BUMDes.

“Pihak dinas nanti yang mengajukan ke provinsi BUMDes di Karawang yang layak mendapatkan bantuan dalam pengembangan usaha,” jelasnya.

Tujuannya pengembangan BUMDes, lanjut Asom, nantinya hasil usaha itu masuk menjadi pendapatan asli desa. Bisa digulirkan untuk kebutuhan desa dalam perekonomian dan pembangunan.

Namun dibalik itu juga, Asom mengakui belum begitu maksimal dalam pembinaan secara keseluruhan. Akan tetapi, sejumlah BUMDes ada yang sudah berjalan menghasilan produk dan menghasilan pendapatan.

“Ada produk BUMDes sudah masuk ke Korea, China dan sebagainya. Itu kemajuan BUMDes dalam pengelolaan produl,” tandasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...