Rapat Paripurna DPRD Mantapkan Raperda RPJMD

FAKTAJABAR.CO.ID – Rapat paripurna DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyetujui Raperda RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2018 – 2023 untuk disahkan menjadi Perda. Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD H. Sarif Hidayat, Selasa (12/3/2019) di gedung DPRD Purwakarta.

Rapat paripurna tersebut juga dihadiri unsur Muspida, Bupati Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati H Aming, pimpinan dan anggota DPRD, jajaran OPD.

Ketua DPRD Sarif Hidayat, mengatakan, sesuai ketentuan PP No. 8 tahun 2008 dan Permendagri No. 86 tahun 2017, penjabaran visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih dituangkan dalam Perda. Dan, Bupati telah menyampaikan Raperda tentang RPJMD Tahun 2018-2023 dalam rapat paripurna pembicaraan tingkat I. Selanjutnya, sesuai ketentuan Pasal 9 ayat (1) PP No. 12/2018, Raperda yang berasal dari DPRD atau Kepala Daerah dibahas untuk mendapatkan persetujuan bersama.

Dalam konteks tersebut, Pansus DPRD dan pihak pemerintah daerah, telah dapat melaksanakan tugas untuk menyelesaikan pembahasan terhadap Raperda RPJMD itu. Dengan demikian, pembahasan secara detil tentang Raperda ini, akan dilakukan oleh Panitia Khusus,” kata Sarif.

Ketua Pansus B, H. Komarudin, SH, MH, mengatakan, penyusunan RPJMD ini telah melalui rapat internal Pansus, rapat dengan jajaran OPD, maupun kunjungan konsultasi kepada pihak-pihak yang ahli dan berkompeten di bidangnya. Ia mengaku telah melakukan rapat-rapat internal dengan jajaran OPD (organisasi perangkat desa), serta rapat gabungan komisi, sebelum diparipurnakan.

“Dalam rapat paripurna tadi kita juga mendengarkan masukan dari teman-teman fraksi dan pendapat akhir Bupati,” ujarnya.

Dikatakan, ada beberapa perubahan dan tambahan, bahkan ada juga yang ditiadakan dalam penyusunan RPJMD. Hasil kunjungan konsultasi ke Kemendagri bagian Bangda, Bapenas dan Bapeda Provinsi Jabar, pihaknya mendapatkan masukan-masukan yang sangat berharga untuk pembahasan penyusunan Raperda RPJMD. (hky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bantu Kepemilikan Buku Nikah, Pemkab Purwakarta Gelontorkan Rp270 Juta

FAKTAJABAR.CO.ID – Rp 270 juta digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Alokasi anggaran tersebut dikucurkan untuk ...