Sebelum Mudik, Damkar Karawang: “Matikan Listik dan Kompor Gas”

KARAWANG – UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang, mengimbau kepada warga yang akan melakukan aktivitas mudik lebaran untuk mematikan semua aliran listrik. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran rumah akibat konsleting arus listrik (arus pendek) .

“Sebelum meninggalkan rumah cek peralatan rumah yang menggunakan listrik. Jika perlu matikan seluruh power listriknya ,” kata plt Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Gunawan, Senin(27/5/2019) .

Selain mematikan aliran listrik,warga juga di ingatkan untuk melepas selang regulator kompor gas.

“Dan jika ada kompor gas yang selangnya masih terpasang, harap dilepas.Jangan sampai pada saat meninggalkan rumah selang masih terpasang di tabung gas, ” ucapnya.

Menurut Gunawan , antisipasi dini kebakaran tersebut sangat penting. Sebab, banyak kebakaran yang terjadi selama ini akibat masalah kornsleting listrik dan kebocoran gas.

“Biasanya pemilik rumah lupa mematikan listrik dan melepas selang tabung gas yang masih terpasang saat meninggalkan rumah ,”ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya meminta ada baiknya warga yang akan pulang ke kampung halamannya agar menitipkan rumahnya ke tetangga terdekat selama ditinggalkan.

“Dan memberikan nomer yang dapat dihubungi sewaktu-waktu saat dalam keadaan darurat,” pungkasnya. (cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...