Siap Perangi Narkoba, Ribuan Peserta Upacara HANI 2019 Padati Plaza Pemkab Karawang

KARAWANG-Sebanyak 1200 peserta dari berbagai elemen masyarakat mengikuti upacara Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2019 di Plaza Pemkab Karawang, Rabu (26/6).

Hadir dalam upacara HANI 2019 diantaranya Forkopimda Kabupaten Karawang, Dan Yon 305, Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Pejabat Eselon II, III, dan IV beserta Staff, Lurah wilayah Kecamatan Karawang Barat dan wilayah Kecamatan Timur, Relawan dan Penggiat Anti Narkoba, Mahasiswa/i Poltek KP Karawang, STIKES Kharisma, UBP Karawang dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan HANI 2019 membacakan Sambutan Wakil Presiden RI dalam rangka peringatan HANI 2019, dengan tema “Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas”.

“INDONESIA ADALAH NEGARA BESAR DENGAN JUMLAH PENDUDUK TERBESAR KEEMPAT DUNIA, DENGAN WILAYAH TERBENTANG DARI SABANG SAMPAI DENGAN MERAUKE. HAL INI MEMBUAT INDONESIA MEMILIKI TANTANGAN YANG TIDAK MUDAH SEBAGAI NEGARA BESAR DAN MAJU.

SALAH SATU TANTANGAN YANG DIHADAPI ADALAH PERMASALAHAN KEJAHATAN NARKOTIKA. INDONESIA DITENGAH-TENGAH PERANG MELAWAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA.

KARENA APABILA TIDAK DITANGANI SECARA BERSAMA-SAMA OLEH SEMUA ELEMEN MASYARAKAT MAKA AKAN MENGANCAM EKSITENSI BANGSA YANG BERDAMPAK PADA RUSAKNYA TATANAN SOSIAL SERTA MENGANCAM KONDISI KETAHANAN NASIONAL SUATU NEGARA.

INDONESIA MEMILIKI CITA-CITA SEBAGAI NEGARA DENGAN EKONOMI TERKUAT KELIMA PADA TAHUN 2045. UNTUK MEWUJUDKAN TANTANGAN TERSEBUT DIPERLUKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DAN TANGGUH. KARENA SUMBER DAYA MANUSIA MERUPAKAN PENGGERAK PEMBANGUNAN TERHADAP KESEJAHTERAAN DAN KEMAKMURAN SUATU BANGSA DAN NEGARA.

PEMBANGUNAN MANUSIA SEBAGAI SUMBER DAYA PEMBANGUNAN MENEKANKAN MANUSIA SEBAGAI PELAKU PEMBANGUNAN YANG MEMILIKI ETOS KERJA PRODUKTIF, KETERAMPILAN, KREATIVITAS, DISIPLIN, PROFESIONALISME, SERTA MEMILIKI KEMAMPUAN MEMANFAATKAN, MENGEMBANGKAN, DAN MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN MAUPUN KEMAMPUAN MANAJEMEN.

MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DAN TANGGUH HARUS DILAKSANAKAN SEDINI MUNGKIN YAITU DENGAN MELINDUNGI DAN MENJAGA ANAK-ANAK KITA AGAR TIDAK TERJERUMUS DENGAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA. HAL INI DILAKUKAN DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA MENJADI KADER BANGSA YANG TANGGUH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEMBANGUNAN, SERTA BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP MASA DEPAN KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA.

APABILA HAL INI DILAKUKAN SECARA KONSISTEN, BERKESINAMBUNGAN, DAN BERSINERGI DENGAN PEMANGKU KEPENTINGAN SERTA MASYARAKAT MAKA POTENSI JASMANI DAN ROHANI SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA AKAN MEMBANTU MEWUJUDKAN INDONESIA YANG MAJU, BERDAULAT, MANDIRI, DAN BERKEPRIBADIAN, DAN BERLANDASKAN GOTONG ROYONG. GENERASI MUDA SEBAGAI PENGGERAK PEMBANGUNAN DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA YANG SEJAHTERA HARUS DILIBATKAN SEBAGAI PENGGIAT DALAM MENGKAMPANYEKAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA Dl MASYARAKAT. HAL INI DIKARENAKAN GENERASI MUDA ATAU YANG LEBIH POPULER DENGAN ISTILAH GENERASI MILENIAL DALAM KESEHARIANNYA SELALU MENGGUNAKAN
TEKNOLOGI.

DENGAN MEMANFAATKAN KECANGGIHAN TEKNOLOGI TERSEBUT GENERASI MILENIAL AKAN SANGAT MUDAH UNTUK MENYEBARLUASKAN INFORMASI MENGENAI UPAYA PENANGGULANGAN PERMASALAHAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA Dl MASYARAKAT. HAL INI SELARAS DENGAN TEMA NASIONAL HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL TAHUN 2019 YAITU UNTUK MEWUJUDKAN “MILENIAL SEHAT TANPA NARKOBA MENUJU INDONESIA EMAS”

PENANGGULANGAN PERMASALAHAN NARKOTIKA HARUS DILAKUKAN SECARA TERSTRUKTUR, SISTEMATIS, DAN MASIF DENGAN MELIBATKAN SELURUH KOMPONEN BANGSA. PENANGGULANGAN TERSEBUT DAPAT DILAKUKAN SECARA SEIMBANG MELALUI PENDEKATAN HUKUM DAN PENDEKATAN KESEHATAN, SOSIAL, SERTA PENDIDIKAN. SEHINGGA UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA Dl INDONESIA DAPAT TERLAKSANA DENGAN BAIK.

UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN ANCAMAN KEJAHATAN NARKOTIKA DENGAN MODUS OPERANDI YANG KIAN BERAGAM, DIBUTUHKAN KOMITMEN, SEMANGAT, DAN TEKAD YANG KUAT DALAM MENGATASI PERMASALAHAN YANG TANPA BATAS. MEMERANGI NARKOBA SAMPAI TUNTAS MENJADI PRIORITAS PEMERINTAH BERSAMA DENGAN MASYARAKAT.

OLEH KARENA ITU DUKUNGAN SELURUH ELEMEN BANGSA SANGAT DIBUTUHKAN DALAM MENGEMBAN TUGAS DAN AMANAH YANG DIBERIKAN OLEH RAKYAT. MARILAH BERJUANG BERSAMA, BEKERJA SEKUAT TENAGA, MENJADIKAN NEGARA KITA BERSIH DARI PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA. KARENA JIKA MASYARAKAT SEHAT MAKA NEGARA AKAN KUAT.

SAYA JUGA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA KEPADA BAPAK KOMISARIS JENDERAL POLISI HERU WINARKO, SEBAGAI KEPALA BNN TELAH MELAKUKAN UPAYA-UPAYA NYATA DAN SERIUS UNTUK MEMERANGI PARA BANDAR NARKOBA YANG SELALU MENCARI CARA UNTUK MENGHANCURKAN GENERASI MUDA BANGSA INI. KEDEPANNYA LANGKAH SERTA TINDAKAN TEGAS YANG DIAMBIL OLEH KEPALA BNN DAPAT DIJADIKAN CONTOH DAN TELADAN UNTUK KITA SEMUA DALAM MENYATAKAN PERANG TERHADAP NARKOBA”.

Sementara itu, usai pembacaan Sambutan Wakil Presiden RI dalam rangka peringatan HANI 2019 oleh Kapolres Karawang, acara dilanjutkan dengan penyerahan PERDA Nomor 9 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika yang diberikan oleh Ketua DPRD Karawang kepada Kepala BNNK Karawang, AKBP M Julian.

Dalam kesempatan Momentum HANI 2019, Kepala BNNK Karawang, AKBP M Julian turut memberikan penghargaan dari BNNP Jawa Barat kepada Bupati Karawang, serta penyerahan plakat kepada Bupati Karawang, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0604/Karawang, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Kepala Disdikpora Karawang, Kepala Diskominfo Karawang, Kepala BKPSDM dan Kepala Desa Muara.

“Penghargaan ini adalah wujud apresiasi BNNP Jawa Barat dan BNNK Karawang kepada Bupati Karawang dan Instansi terkait yang selama ini gencar bersama BNNK Karawang memerangi penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Ditambah Julian, dalam rangkaian kegiatan HANI 2019, BNNK Karawang juga akan menggelar acara Dialog dengan kaum milenial di Hotel Mercure pada 3 Juli dan kegiatan sosial donor darah pada tgl 4 juli dikantor BNNK Karawang.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kader Posyandu Bantu Kurangi Angka Kematian Ibu & Anak

KARAWANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar jambore kader Posyandu di Kabupaten Karawang, Kamis 18 ...