Perang Dagang! Trump Sesumbar Cina Pasti “Keok”

FAKTAJABAR.CO.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan penuh percaya diri sesumbar bahwa Cina akan kalah dalam perang dagang dengan negara Abang Sam. Karena itu ia meminta Cina segera bersiap menghadapi tarif baru yang diberlakukan AS.

Pernyataan itu dilontarkan Trump pada saat terbang ke Osaka, Jepang untuk menghadiri KTT G20, di mana ia direncanakan akan bertemu Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Trump menyatakan menikmati perang dagang dengan Cina karena posisi Amerika Serikat (AS) yang kuat. AS pun tidak berniat untuk memberikan banyak konsesi kepada Cina saat bertemu dengan Jinping yang dijadwalkan pada Sabtu 29 Juni 2019.

“Perekonomian Cina sedang menurun dan mereka ingin membuat kesepakatan,” kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network seperti dikutip ChnnelNewsAsia.com, Kamis 27 Juni 2019.

Washington mengatakan, selama ini Cina menikmati keuntungan yang sangat tidak adil dari AS. Karena itu, Trump mengindikasikan siap untuk mengenakan tarif baru pada semua impor Cina yang tersisa sebesar lebih dari US$300 miliar. “Anda akan dikenakan lagi tarif senilai US$325 miliar yang belum saya kenakan, yang sudah siap untuk dikenakan pajak,” kata Trump kepada Fox.

Menurut Trump, dalam perang dagang ini, Cina lah yang merasakan semua kepedihan, sementara pihak AS diuntungkan dari situasi saat ini. Sejauh ini tarif yang dikenakan Trump atas produk asal Cina telah mencapai US$200 miliar. Tarif tinggi ini memaksa Beijing mematuhi perlindungan kekayaan intelektual dan melakukan reformasi sistem perdagangan lain.

“Apa yang terjadi adalah orang-orang pindah dari Cina. Perusahaan-perusahaan pindah dari Cina dan ada yang kembali ke Amerika Serikat karena mereka tidak mau membayar tarif,” kata Trump kepada Fox Business Network. (*)

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...