Selain Gerbang Tol Sadang – Jatiluhur, Purwakarta Buka Gerbang Tol Cicadas

FAKTAJABAR.CO.ID – Jika tidak ada aral melintang, Kabupaten Purwakarta melalui Pemkab Purwakarta akan membuka penambahan gardu tol baru, tepatnya di Desa Cicadas Kecamatan Babakan Cikao. Saat ini gardu tol atau interchange yang mengakses ke kabupaten ini sudah tersedia tiga gardu tol, yakni gardu tol Cikopo, Sadang dan Jatiluhur

Rencana Pemkab Purwakarta tersebut menyusul rencana pemerintah yang akan membangun jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, pada 2020 mendatang. Tol yang panjangnya mencapai 62 kilometer ini, akan terbentang dari Jatiasih (Bekasi) hingga Sadang (Purwakarta). Dengan adanya tol baru ini, Pemkab Purwakarta pun mengusulkan adanya penambahan interchange atau gardu tol baru.

Kepala Bappeda Kabupaten Purwakarta, Aep Durohman, mengamini, saat ini telah ada pemaparan mengenai rencana pembangunan Tol Japek II Selatan yang diteruskan dengan usulan oleh Pemkab Purwakarta ke Kementerian PUPR untuk ada penambahan gerbang tol.

“Kita juga mengusulkan supaya ada penambahan gerbang tol. Yaitu, interchange simpang susun Cicadas,” ujarnya.

Gerbang tol baru ini, lanjut Aep, diharapkan bisa memberikan dampak positif, terutama untuk investasi, pariwisata dan daya saing Purwakarta.

Pembanguanan jalan Tol Japek II Selatan ini, akan melintasi Purwakarta dengan sekitar tujuh kilometer. Adapun wilayah yang terkena imbasnya, ada empat desa di Kecamatan Babakan Cikao. Empat desa itu, yakni Cigelam, Hegarmanah, Cicadas dan Desa Cilangkap. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...