Ini Rangkaian Pesta Hari Jadi Purwakarta

FAKTAJABAR.CO.ID – Usia Purwakarta menginjak 188 tahun dan Kabupaten Purwakarta ke 51 tahun, Sabtu (20/7/2019), akan datang. Menyemarakan hari besar itu, tahun ini, pemerintah daerah setempat telah membuat serangkaian kegiatan.

Selebaran berisi kegiatan yang mengisi hari jadi inipun sudah tersebar luas di masyarakat, Pemkab Purwakarta bakal melangsungkan kegiatan pesta rakyat.

Rangkaian awal perayaan hari jadi, Pemkab Purwakarta akan menggelar mitembeyan sekaligus halal bi halal bersama seluruh lapisan masyarakat dan tokoh-tokoh penting di wilayah itu. Kegiatan awal ini, terjadwal pada Selasa 16 Juli sekitar pukul 09.00 WIB di Bale Paseban, Pendopo Pemkab Purwakarta.

Kemudian, esok harinya atau pada Rabu 17 Juli, rangkaian hari jadi ini dilanjutkan dengan kegiatan ‘Muru Indung Cai Purwakarta Istimewa’. Sebagai bocoran, dalam kegiatan ini para pejabat pemerintahan akan membawa air dari 9 mata air di Wanayasa untuk dibawa menuju Situ Buleud. Kegiatan tersebut, berlangsung sore sekitar pukul 15.30 WIB.

Tak hanya itu, kegiatan ketiga rangakaian hari jadi juga digelar pada Jumat 19 Juli. Yakni, Theter Purwakarta Indung Budaya. Kegiatan ini juga berlangsung sore hari. Lalu, bertepatan dengan tanggal kelahiran kabupaten kecil kedua di Jabar itu, atau pada 20 Juli, pemkab beresta jajaran pemerintahan di wilayah ini akan menggelar sidang paripurna istimewa.

Di tanggal kelahiran itu pun ada beberapa kegiatan yang disiapkan pemerintah setempat. Yakni, Wisata kuliner Nyai Pohaci dan pertunjukan 1.000 penari Jaipong. Mereka akan unjuk gigi di sepanjang Jalan Jendral Sudirman (pusat kota).

Setelah kegiatan Sidang Paripurna Istimewa, bukan berarti rangkaian hari jadi ini berakhir. Karena, masih banyak suguhan menarik yang disiapkan pemerintah di hari selanjutnya. Dari kegiatan yang terjadwal itu, ada yang lebih menarik. Yakni, Festival Budaya Nyai Pohaci. Dalam festival ini, diisi dengan kegiatan ‘Ngarak Awug’ yang kabaranya akan kembali menorehkan rekor di Musium Rekor Indonesia (Muri).

“Rangkaian Kegiatan hari jadi Purwakarta akan berakhir pada 17 Agustus mendatang. Di hari yang bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI itu juga ada pesta rakyat lainnya. Semisal, Festival Kendaraan hias dan Festival Panjat Pinang,” ujar Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, Heri Anwar saat ditanya mengenai jadwal tersebut, akhir pekan kemarin. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Program Keagamaan untuk Santri Lapas Karawang

KARAWANG – Lapas Kelas II Karawang memberikan program keagamaan bagi ...