Pemdes Tirtajaya Evaluasi Pembangunan Fisik Jalan

KARAWANG – Laporan masyarakat soal perubahan tampilan muka jalan beton diatas jembatan penyebarangan yang mengalami keretakan langsung ditindaklanjuti Pemerintah Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, sebagai tim pelaksana program dana desa tahun anggaran 2019. Berdasarkan hasil investigasi, tampilan muka jalan beton mengalami sedikit keretakan tepat pada bagian ujung jembatan lebih dipengaruhi oleh pergerakan tanah tanggul saluran air yang labil. Menurut keterangan tim monitoring dan evaluasi selaku Kaur Ekbang Desa Tambaksari, Nakun, ketika dimintai keterangan Fakta Jabar, Kamis (09/06).

Terkait soal proses pelaksanaan pembangunan jembatan melalui program dana desa telah dilaksanakan sesuai kebutuhan anggaran dan juga perencanaan maupun petunjuk teknis dari Dinas PUPR Kabupaten Karawang. Sebab itu, sambung Dia, terkait proses dan juga teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan jembatan penyebrangan diatas saluran air diyakini bukan sebagai pemicu keretakan yang dilaporkan oleh masyarakat.

“Perbaikan bangunan jembatan yang dilaporkan warga mengalami keretakan sudah dikerjakan seketika ada laporan dari masyarakat. Sesuai pemeriksaan dari tim monev (monitor dan evaluasi), tampilan beton diatas jembatan mengalami keretakan karena pergerakan tanah saluran air yang dijadikan pijakan untuk pondasi bangunan,” jelasnya.

Tahun ini, sambung Dia, pemerintah Desa Tambaksari Kecamatan Tirtajaya melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan penyebrangan saluran air menuju lahan tambak melalui program dana desa senilai kurang lebih Rp. 47 juta.

Salah satu warga setempat, Narman, mengakui program pembangunan jalan dan jembatan air menuju lahan tambak merupakan usulan masyarakat selaku petambak di wilayah Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Diluar itu, masyarakat memberi apresiasi atas respon cepat dari Pemdes setempat untuk menindaklanjuti laporan perubahan struktur tanah tanggul saluran air yang menjadikan tampilan fisik bangunan jembatan mengalami sedikit keretakan.

Penyebrangan diatas saluran air lahan tambak hasil kegiatan program dana desa tahun 2019 dari berdasarkan pada hasil pantauan tim monitoring dan evaluasi (monev) sudah ditindaklanjuti oleh pihak pelaksana dari Pemerintah Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Sesuai hasil investigasi, pergerakan tanah tanggul saluran air yang menjadi pijakan pondasi jembatan memicu perubahan struktur bangunan jembatan.

enyebrangan diatas saluran air lahan tambak hasil kegiatan program dana desa tahun 2019 dari berdasarkan pada hasil pantauan tim monitoring dan evaluasi (monev) sudah ditindaklanjuti oleh pihak pelaksana dari Pemerintah Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Sesuai hasil investigasi, pergerakan tanah tanggul saluran air yang menjadi pijakan pondasi jembatan memicu perubahan struktur bangunan jembatan.

Alhasil, seperti diungkapkan salah satu petambak desa setempat, Narman, ketika dimintai keterangan Media Revolusi, perubahan struktur bangunan akibat pergerakan tanah tanggul saluran menjadi penyebab tampak muka jalan beton di atas jembatan terlihat seperti memgalami sedikit keretakan.

Seketika itu, sambung Dia, kegiatan perbaikan dilakukan Pemerintah desa setempat pada dibagian muka jalan beton yang disampaikan masyarakat mengalami perubahan setelah beberapa pekan dibangun melalui kegiatan Dana Deaa tahun anggaran 2019.(sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kader Posyandu Bantu Kurangi Angka Kematian Ibu & Anak

KARAWANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar jambore kader Posyandu di Kabupaten Karawang, Kamis 18 ...