Kader Posyandu Bantu Kurangi Angka Kematian Ibu & Anak

KARAWANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menggelar jambore kader Posyandu di Kabupaten Karawang, Kamis 18 April 2019 di RM Indo Alamsari, Jalan Interchange Tol Karawang Barat mendapatkan apresiasi dari Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana.

Bupati turut mengucapkan terimakasih kepada kader Posyandu yang senantiada membantu masyarakat Karawang. Penurunan angka kematian ibu dan anak ini hingga 25 persen. Artinya ada suatu penekanan dari tahun sebelumnya.

Bupati menjelaskan, kader Posyandu mengawal ibu-ibu sejak hamil, kemudian melahirkan sampai menjadinya belita. Kader Posyandu memberikan pelayanan agar balita diimunisasi dan kroscek kesehatan.

“Saya bangga kepada ibu-ibu Posyandu yang membantu masyarakat dalam penekanan angka kematian ibu dan anak di Karawang. Saya do’akan semua sehat terus dan panjang umur,” kata bupati dihadapan 1200 kader Posyandu binaan Dinas Kesehatan Karawang.

Selain penekanan angka kematin, Bupati juga menyebutkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) bidang kesehatan ada suatu kenaikan dari sebelumnya, awalnya 71,62 sekarang menjadi 71,80. Hal itu di suatu bukti kebersihailan kader Posyandu dalam melayani masyarakat Karawang.

Bupati mengakui kesejahteraan kader Posyandu masih jauh dari kata harapan. Namun pihak Pemkab tetap akan memperjuangkan kesejahteraan kader Posyandu. “Insya Allah kami bersama tim TAPD akan menaikan kesejahteraan kader Posyandu. Jumlahnya belum bisa disebutkan, yang jelas ada kenaikan saja dari pemerintah,” kata Bupati lagi.

Plt Kepala Dinas Karawang, Nurdin Hidayat, menambahkan emak-emak kader jambore Posyandu Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dengan tema “Ayo Cegah Stunting dengan ASI Ekslusif”

“Yang hadir saat ini perwakilan dari tiap Puskesmas di Kabupaten Karawang. 1000 kader Posyandu dan 200 pendamping. Jika seluruhnya hadir mungkin tidak cukup tempatnya,” pungkasnya.

Acara jambore ini diisikan dengan sebuah perlombaan yang disiapkan Dinas Kesehatan. Hadih utama sudah disiapkan. Namun Bupati Karawang memberikan tambahan juara I Rp2 juta, II Rp1,5 juta dan juara III Rp1 juta. Ditambahkan lagi perlombaan antar group, Bupati juga menambahkan hadiahnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...