Hari Jadi Adhiyaksa Massa Repdem Kepung Kantor Kejaksaan

KARAWANG – Massa kelompok yang mengatasnamakan Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Karawang ramai-ramai mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Karawang, Senin 21 Juli 2019.

Massa aksi yang membawa atribut unjukrasa tersebut datang bertepatan pada perayaan ulang tahun Adhiyaksa ke-59 dan mengepung Kantor Kejaksaan Karawang.

Ketua Repdem Karawang, Deden Sopian dalam orasinya, mendukung kinerja Kejaksaan Negeri Karawang terkait TP4D Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Selentingan ada pesimisme yang muncul dari sebagian praktisi akan efektivitas tim dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata Deden.

Lanjurnya, obyek pengawalan dan pengamanan adalah instansi pemerintah/BUMN/BUMD.
Aspek utama pengawalan dan pengamanan oleh TP4D Kabupaten Karawang adalah aspek hukum berupa penerangan hukum, penyuluhan hukum, pendampingan hukum melalui pembahasan hukum dan pendapat hukum.

“Sehingga penegakan hukum jika ditemukan bukti permulaan yang cukup merugikan keuangan negara,” katanya.

Aksi Repdem ditemui langsung Kajari bersama Kasi Intel Kejaksaan, Faisal B Makki.

“Terimakasih pada Repdem dan perwakilan dari Laskar merah putih (LMP) yang telah mensupport dan mendukung kinerja TP4D,” katanya.

Kata dia, dalam menjalankan tugas dan fungsinya TP4D bersifat pasif dengan menunggu permohonan dari instansi pemerintah/BUMN/BUMD.

Meski pasif dalam menjalankan tugas pengawalan dan pengamanan, TP4D tetap
dituntut proaktif mensosialisasikan tugas dan fungsi kepada instansi pemerintah/BUMN/BUMD.

“Tujuan obyektif pengawalan dan pengamanan adalah menghindari, mencegah dan menegakkan hukum terhadap potensi terjadinya kerugian keuangan negara. TP4D berkoordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah dalam menjalankan tugas pencegahan dan penegakan hukum,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pansus Rancangan Peraturan Daerah Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang

Saepudin Juhri Anggota DPRD Kabupaten Karawang Karawang – DPRD Kabupaten ...