Sambil Pastikan Lokasi, Sekda Bawa ASN Olah Raga Jumat Pagi di Tugu Proklamasi

FAKTAJABAR.CO.ID – Sekertaris daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mengajak seluruh aparatur sipil Negara (ASN) untuk melakukan olah raga jum’at pagi di area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Selain melaksanakan olah raga, Sekda Karawang menginginkan agar kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan RI rutin terpusat di monumen tugu proklamasi Rengasdengklok.

“Kalau bisa tiap tahun kegiatan upacara kemerdekaan RI di laksanakan di monumen tugu Proklamasi Rengasdengklok sebagai wilayah pangkal perjuangan dalam peristiwa sejarah kemerdekaan RI,” harapnya.

Sembari berkeliling di kawasan monumen tugu Rengasdengklok, Acep Jamhuri, menyampaikan keseriusan Pemerintah daerah Kabupaten Karawang dalam pengembangan dan pelestarian area situs bersejarah menjadi kawasan obyek wisata daerah akan terealisasi pada tahun 2020-2021.

Bahkan, Acep Jamhuri yang juga memiliki pengalaman sebagai Kadisbudpar memiliki wacana untuk memanfaatkan seluruh lahan tak terpakai yang berada disekeliling monumen tugu Proklamasi Rengasdengklok sebagai penunjang daya tarik obyek wisata sejarah.

“Setelah kita keliling, beberapa lahan disekitar monumen yang berstatus aset Pemkab Karawang akan kita manfaatkan, kita bisa fungsikan menjadi lahan penunjang daya tarik pengunjung,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Karawang Acep Jamhuri menggandeng Asisten daerah bidang pemerintahan untuk meninjau dan juga memastikan beberapa persiapan di lokasi kegiatan upacara hari Kemerdekaan RI di area monumen tugu Proklamasi Rengasdengklok sudah rampung satu pekan menjelang pelaksanaan, “Kita sudah sampaikan agar persiapan lokasi pada tangga 12 agustus 2019 sudah rampung, hingga pelaksanaan nanti lokasi kegiatan upacara steril dari kegiatan apapum satu pekan menjelang upacara,” jelas Acep Jamhuri.

Saat dihampiri media Fakta Jabar, Achmad Somantri, sebagai Asisten daerah bidang pemerintahan Pemkab Karawang memastikan, kapasitas daya tampung area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok terbilang cukup untuk menampung keseluruhan jumlah peserta upacara, berikut dengan masyarakat sekitar yang akan hadir mengikuti upacara bendera memperingati Hut Kemerdekaan RI di Kecamatan Rengasdengklok.

Sembari melakukan olah raga, Asda Bidang Pemerintahan mengajak serta sejumlah prajurit TNI dari Kodim 0604 Karawang untuk meyakinkan beberapa persiapan yang saat ini dilakukan pada beberapa titik area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok sudah rampung sebelum tanggal 12 Aguatus 2019, sehingga 5 hari menjelang upacara detik detik proklamasi di Rengasdengklok sudah dalam kondisi steril.

“Upacara peringatan Kemerdekaan RI di lokasi monumen tugu Rengasdengklok akan dihadiri ratusan prajurit gabungan dari unsur TNI, Polri, Sat Pol Pp, BPBD serta Petugas Pemadam Kebakaran,” ungkap Batipes Kodim 0604 Karawang, Serma Suyanto, mendampingi Asda II Pemkab Karawang. (sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Sebut Program KB di Karawang Sudah Berhasil

KARAWANG – Upaya yang dilakukan Pemkab Karawang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak akan berdampak bila ...