DPRD Baru Dilantik, Sudah Didemo Mahasiswa

KARAWANG – Pasca 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Karawang dilantik dan disumpah jabatan di Gedung Paripurna, langsung didemo mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Karawang, Senin (5/8).

Ketua Umum PMII Cabang Karawang, Lingga Komara mengatakan, pihaknya mengultimatum kinerja DPRD Kabupaten Karawang periode sebelumnya, karena dianggap dalam memploting anggaran kebijakan tidak pro terhadap rakyat. Bahkan dalam pembuatan produk-produk hukum, pihaknya menilai tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

“Kita mengultimatum DPRD Karawang sebelumnya, 5 tahun bekerja tapi tidak pro terhadap rakyat, hanya pro terhadap golongan dan partai politik,” ujarnya saat orasi di depan gerbang gedung DPRD Karawang, Senin (5/8).

Para pendemo nampak kecewa kepada Anggota DPRD terpilih, karena tidak ada satupun Wakil Rakyat yang pasca dilantik, dapat menemui mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya. Kendati demikian, setelah hampir 30 menit melakukan orasi di depan gerbang gedung DPRD Karawang yang dijaga puluhan aparat itu, akhirnya masa unjuk rasa ditemui oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Karawang, H. Agus Mulyana, SE.

Kepada Sekwan, Mahasiswa menyampaikan tuntutannya untuk disampaikan kembali kepada anggota DPRD yang baru saja dilantik, diantaranya:

  1. DPRD harus menciptakan Peraturan daerah yang sesuai dengan harapan masyarakat Karawang.
  2. DPRD harus bisa melakukan pengawasan tanpa mengenal kompromi dengan eksekutif.
  3. Memastikan APBD untuk kepentingan masyarakat Karawang.
  4. DPRD harus bersedia menyuarakan suara rakyat bukan suara partai politik.

Selain itu pihak Mahasiswa meminta kepada Sekwan untuk memfasilitasi agar dilakukan audensi dengan anggota DPRD tersebut.

Sementara, Agus menyampaikan permohonan maaf karena Anggota DPRD yang baru saja dilantik belum bisa menemui adik-adik mahasiswa. “Kami mohon maaf, karena Anggota Dewan saat ini sedang bersama keluarga setelah dilantik,” jelasnya.

Agus menambahkan, pihaknya juga akan memfasilitasi adik-adik mahasiswa dari PMII untuk melakukan audensi dengan anggota DPRD yang baru. “Besok juga ada agenda, kalau adik-adik inginya audensi hari jumat, nanti saya jadwalkan dan saya kasih tahu kepada Anggota Dewan,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...