Tsunami Ancam 22 Desa di Garut

Ilustrasi

FAKTAJABAR.CO.ID – Bayang bayang ancaman tsunami di Kabupaten Garut, Jawa Barat menempa 22 desa, terutama wilayah desa dipesisir pantai kabupaten setempat.

Memang tak ada yang tahu kapan tsunami akan datang. Namun masyarakat di bibir pantai, harus selalu berada dalam kesiapsiagaan. Di wilayah pantai selatan Kabupaten Garut, Tim Ekspedisi Destana Tsunami pun terus melakukan sosialisasi.

Beberapa sekolah, tempat ibadah, puskesmas, rumah sakit, dan kampung nelayan pun dikunjungi tim EDT.

Kedatangan Tim EDT diterima Wabup Garut Helmi Budiman bersama rombongan di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya-Kabupaten Garut, tepatnya di Jembatan Cikaengan Desa Sagara Kecamatan Cibalong Garut, Selasa (6/8/2019).

Di Kabupaten Garut terdapat sebanyak 22 desa tersebar di 7 kecamatan berpotensi dilanda tsunami. Semuanya berada di wilayah pesisir pantai selatan sepanjang 81 kilometer. Mulai perbatasan Kabupaten Tasikmalaya-Kabupaten Garut hingga perbatasan Kabupaten Garut-Kabupaten Cianjur.

Kecamatan dengan wilayah pesisir pantai rawan terkena tsunami itu yakni Kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Mekarmukti, Pakenjeng, Bungbulang, dan Kecamatan Caringin.

Pada 2006, tsunami pernah menerjang kawasan pesisir Garut sebagai dampak gempa dan tsunami di Pangandaran. Kendati tak separah Pantai Pangandaran, Pantai Sayangheulang Pameungpeuk, Santolo Cikelet, dan Rancabuaya Caringan tercatat mengalami kerusakan cukup parah akibat tsunami tersebut dibandingkan kawasan pantai lainnya di pantai selatan Garut.

Menurut Wabup Garut Helmi Budiman, Garut telah berupaya menunjukkan kesiapannya menghadapi bencana, khususnya tsunami.

“Ekspedisi ini menjadi bagian aksi nyata untuk melindungi masyarakat dari tsunami. Dengan ekspedisi ini, masyarakat akan merasa aman terutama masyarakat di daerah rawan bencana,” ujarnya. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...