Komposisi Fraksi-Fraksi DPRD Purwakarta Terbentuk

PURWAKARTA – Komposisi susunan pengurus fraksi-fraksi di DPRD Purwakarta terbentuk melalui rapat paripurna DPRD Purwakarta, Rabu (14/8), yang dibuka secara resmi oleh H. Ahmad Sanusi selaku Ketua DPRD Purwakarta sementara.

Menurut Ahmad Sanusi, berdasarka ketentuan Pasal 162 ayat 1 UU No. 23/2014 tentang pemerintahan, untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD maka dibentuk fraksi sebagai wadah bagi anggota DPRD Kabupaten.

”Untuk kepentingan itu, sebelumnya kami sudah menyampaikan surat kepada partai masing-masing. Alhamdulillah usulan susunan fraksi secara lengkap telah kami terima, sehingga rapat paripurna dapat diselenggarakan sesuai jadwal,” lanjutya.

Sempat di interupsi oleh anggota DPRD dari PKB Hidayat, S.TH.i, karena sebelum terbentuk Ketua DPRD definitif, rapat paripuna kali ini belum bisa mengesahkan susunan fraksi-fraksi.

”Menurut PP 12/2018 sekarang Ketua DPRD sementara sifatnya hanya bisa memfasilitasi terbentuknya fraksi-fraksi, untuk disahkan dalam rapat paripurna mendatang jika Ketua DPRD definitif sudah terpilih,” ujarnya.

Jadi, kata Hidayat, sekarang masih memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan bila memang ada yang menghendakinya, khususnya nama-nama pengurus fraksi. ”Sebelum benar-benar disahkan nanti, sekarang masih memungkinkan adanya perubahan,” ujarnya.

Ahmad Sanusi menyambut baik usulan tersebut dan akan membuatkan berita acara seusai rapat paripurna. ”Nanti akan kita buatkan berita acara, yang juga ditandatangani oleh ketua-ketua fraksi yang terpilih sekarang,” ujarnya.

Selanjutnya, Ahmad Sanusi menyampaikan nama-nama pengurus fraksi sebagaimana usulan dari partai masing-masing dan nota kesepahaman yang dibuat gabungan partai.

Adapun Ketua Fraksi Golkar Hj. Nenah Rohanah, Wakil Ketua Fraksi Yulian Irsyafri, SM, Sekretaris Dias Rukmana Praja, SE. Ketua Fraksi Gerindra Zusyef Gusmawan, SE, Wakil Ketua Fraksi Hj. Nina Heltina, Sekretaris Said Ali Azmi. Ketua Fraksi PKB Hidayat, S.Th.I, Wakil Ketua Fraksi Alaikassalam,S.H.I Sekretaris Ceceng Abdul Qodir, S.Pd.I. Ketua Fraksi PDIP Yadi Nurbahrum, Wakil Ketua Fraksi Hj. Ina Herlina, Sekretaris Lina Yuliani. Ketua Fraksi PKS Dedi Juhari, Wakil Ketua Fraksi Muhsin Didin Hendrawan, SE Sekretaris Ir. H. Moh. Erif Kurniawan, MM. Ketua Fraksi Berani (gabungan partai PAN, Hanura, Berkarya) H. Agus Sundana Wakil Ketua Fraksi Muhdin Junaedi, Sekretaris H. Asep Abduloh Ketua Fraksi Pembangunan Demokrasi Nasional (gabungan partai Demokrat, PPP, dan Nasdem) Asep Candra Teja Kusuma, Wakil Ketua Fraksi Yanthi Nurhayati, S.Pd , Sekretaris Conrad Surawijaya.

”Kami berharap agar di dalam melaksanakan tugas senantiasa penuh rasa tanggung jawab dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan, dengan dilandasi rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta saling menghormati satu sama lain,” harap Ahmad Sanusi pada akhir rapat paripurna tersebut. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manajemen Siloam Hospital Purwakarta Meraih Penghargaan Perusahaan Memenuhi Standar Keselamatan Kebakaran Gedung

Purwakarta – Tim Manajemen Siloam Hospital Purwakarta meraih penghargaan sebagai ...