Rute KRL Mau Diperpanjang Sampai Karawang

BEKASI – Saat ini layanan perjalanan KRL di wilayah timur sudah sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi. Untuk memperluas jangkauan KRL, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperpanjang rute KRL hingga ke Karawang, Jawa Barat.

Awalnya, inisiasi ini disampaikan oleh Direktur Utama Kereta Commuter Line Indonesia Wiwik Widayanti ketika melakukan perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL.

“Karawang sudah minta terus Pak, supaya KRL sampai sana,” kata Wiwik, Selasa (13/8/2019).

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan rencana tersebut.

“Katanya (KRL) mau sampai Karawang ya? Kapan maunya sampai Karawang? Nanti (KRL) segera sampai Karawang,” tutur Budi dengan semangat ketika menyampaikan sambutan dalam peresmian Stasiun Kereta Api Telaga Murni, di Kabupaten Bekasi.

Lalu, Budi menargetkan tahap finalisasi fisik jalur KRL sampai Karawang yang diperlukan untuk membuka akses KRL ke kawasan tersebut rampung akhir tahun 2020.

“Nanti Insyaallah (KRL) sampai Karawang. (Finalisasi) fisiknya ya akhir tahun depanlah, pakai double track. Kalau Double-Double Track (DDT) hanya sampai Cikarang,” terang Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menuturkan, pada tahun ini pihaknya masih akan fokus dalam penyelesaian proyek DDT jalur Manggarai-Cikarang. Sehingga, rencana perpanjangan KRL hingga Karawang ini dirasa masih jauh.

“KRL sampai cikarang kita bikin dulu DDT-nya termasuk pembebasan lahan. Kalau KRL (Karawang) nanti kita evaluasilah (rencananya). Iya masih (jauh perencanaannya),” tandas Zulfikri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...